Senin, 18/01/2021 02:46 WIB

Alih Kelola Blok Mahakam Hadiah Tahun Baru Pertamina

Alih kelola itu manjadi hadiah tahun baru bagi Pertamina.

Gedung Pusat Pertamina Jakarta

Balikpapan - Tepat pukul 00.00 tanggal 1 Januari 2018, pengelolaan Blok Mahakam akan beralih dari PT Total Indonesie ke PT Pertamina (Persero). Alih kelola itu manjadi hadiah tahun baru bagi Pertamina.

Berbarengan dengan tiupan terompet Tahun Baru 2018, pengelolaan lapangan-lapangan minyak dan gas di rawa-rawa besar muara Sungai Mahakam resmi beralih kepada putra-putri Indonesia.

"Menteri ESDM akan datang ke Balikpapan. Ada seremoni kecil pergantian seragam," kata Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas) Kalimantan dan Sulawesi Nasvar Nazar di Balikpapan, Kamis (21/12/).

Seragam kerja lapangan Total Indonesie yang berwarna merah tua, secara resmi dilepas dan digantikan seragam Pertamina warna biru, lengkap dengan variasi kecil strip merah dan putih. Pergantian seragam ini bukan hanya seremonial, namun menunjukkan arti sesungguhnya.Nazar mengatakan, hampir seluruh karyawan Total Indonesie beralih status menjadi karyawan Pertamina.

Sebanyak 1.885 orang karyawan Total Indonesia atau 98 persen setuju bergabung dengan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), perusahaan yang dibuat PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Mahakam. Selain 1.824 staf, turut bergabung pula jajaran manajemen puncak seperi Vice President hingga General Manager sebanyak 8 orang, serta manajemen menengah seperti manajer sebanyak 53 orang. Jika digabung karyawan PHM yang berasal dari Pertamina sendiri, maka perusahaan ini berawak 1.919 orang.

"Sekitar 1 persen lainnya pensiun, atau ingin mandiri, dan ekspatriat yang mungkin pindah ke unit usaha Total yang lain," ujar Nazar.

Sementara itu, dikutip dari laman resmi PT Pertamina (Persero), dari Blok Mahakam Pertamina akan memberikan tambahan kontribusi sebesar 24% dari total produksi migas nasional.

Pertamina  telah menyiapkan berbagai strategi untuk menjaga produksi migas dengan memastikan keberlangsungan kegiatan pemboran dan Well Intervention di wilayah kerja Mahakam. BUMN Energi ini juga telah menyelesaikan lima rencana pengembangan lapangan/ POFD (Plan Of Further Development) pada 2017 untuk mendukung kegiatan pemboran pada 2018. Di samping itu juga melaksanakan optimalisasi pengadaan rig dan material untuk menunjang kegiatan pemboran.

TAGS : Pertamina Blok Mahakam




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :