Jum'at, 10/04/2020 03:16 WIB

Persahabatan Bisa Cegah Diabetes

Penelitian tersebut menyebutkan setiap penurunan anggota jaringan sosial dikaitkan dengan risiko diabetes.

Ilustrasi Persahabatan (Foto: UPI)

Jakarta - Sebuah penelitian baru yang dilakukan di Belanda menemukan bahwa memiliki banyak sahabat dapat membantu mencegah satu masalah kesehatan yang sangat besar, yakni diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian terhadap hampir 3.000 orang setengah baya hingga usia di Belanda, periset menemukan bahwa orang-orang yang memiliki jaringan sosial dari 10 sampai 12 orang cenderung tidak mengembangkan diabetes tipe 2 daripada orang dengan hanya tujuh sampai delapan teman dekat.

Penelitian tersebut menyebutkan setiap penurunan anggota jaringan sosial dikaitkan dengan risiko diabetes. Para peneliti juga menemukan bahwa pria yang tinggal sendiri cenderung memiliki diabetes tipe 2, sementara pada perempuan hal itu tak terjadi.

"Ukuran jaringan yang lebih besar mungkin memiliki dampak penting pada gaya hidup seseorang," kata Stephanie Brinkhues, seorang kandidat doktor di Universitas Maastricht di Belanda.

"Jaringan yang lebih besar juga berarti lebih banyak akses ke dukungan sosial saat dibutuhkan, lebih banyak kontak di luar rumah, dan karena itu lebih aktif secara sosial. Jaringan sosial yang lebih besar dapat membantu orang memperbaiki gaya hidup mereka, makan lebih sehat dan lebih aktif secara fisik, " lanjutnya.

Itu adalah langkah penting untuk mencegah diabetes tipe 2, yang terkait dengan perilaku tidak menetap dan kelebihan berat badan.

Senada dengan Brinkhues, peneliti senior, Miranda Schram, mengemukakan beberapa kemungkinan mengapa pria lebih rentan terkena diabetes ketika sendiri dibanding wanita.

"Berpotensi, pria yang tinggal sendiri mungkin tidak menjaga diri mereka sama seperti wanita dalam situasi ini," kata Schram, seorang profesor di Universitas Maastricht.

"Mereka mungkin memiliki gaya hidup yang tidak sehat, misalnya, dengan mengonsumsi lebih sedikit sayuran dan buah segar, kurang aktif secara fisik dan, secara umum, kesehatan mungkin kurang menjadi masalah bagi mereka, dibandingkan dengan wanita yang tinggal sendiri," tambahnya.

Schram menyarankan kepada siapa saja berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2, agar mempertimbangkan untuk membuat teman baru, menjadi sukarelawan atau bergabung dengan kelompok minat khusus.

TAGS : Tips Kesehatan Diabetes Persahabatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :