Selasa, 20/11/2018 00:22 WIB

Catatan Berusia 250 Tahun Ditemukan di Bawah Patung Yesus

Di catatan tersebut tertera bahwa surat itu ditulis pada 1777 silam dengan menggunakan tulisan tangan.

Surat yang ditemukan di belakang patung Yesus Kristus (foto: Metro)

Jakarta - Sebuah catatan berusia 250 tahun ditemukan saat tim arkeolog merestorasi patung Yesus Kristus yang berasal dari abad ke-18 di Spanyol. Di catatan tersebut tertera bahwa surat itu ditulis pada 1777 silam dengan menggunakan tulisan tangan.

Dikutip dari Metro, tulisan kuno ini ditandatangani oleh imam katedral Burgo de Osma. Setelah ratusan tahun terselip, akhirnya ditemukan oleh para pekerja perusahaan restorasi Da Vinci Restauro. Mereka menemukan artefak itu ketika melepaskan sehelai kain yang menutupi bagian belakang Kristus.

Tim arkeolog berupaya berhati-hati memindahkan catatan tersebut, demi memperoleh informasi penting seputar situasi ekonomi, politik dan agama, orang-orang terkenal, dan lain sebagainya. Sembari menunggu penelitian lebih lanjut, patung Kristus disimpan di Gereja Santa Agueda, Desa Sotillo de la Ribera, Provinsi Burgos, Spanyol Utara.

"Ini sungguh sangat menakjubkan, karena menemukan dokumen tulisan tangan di patung-patung semacam itu," kata sejarawan lokal Efren Arroyo.

Selain berisi informasi nama pembuat patung, dokumen tua tersebut meyoroti penyakit umum, permainan anak-anak yang populer, dan nama penyerang banteng populer saat itu.

TAGS : Unik Arkeologi Yesus Kristus




TERPOPULER :