Jum'at, 23/08/2019 22:13 WIB

Makanan Khas Tanah Mandar di Hari Lebaran

Gogos merupakan sajian makanan yang terbuat dari beras ketan yang kemudian dimasak menggunakan santan

makanan khas mandar

Hari lebaran merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Biasanya akan banyak ditemukan makanan khas di setiap daerah di Indonesia, yang hanya bisa ditemukan saat lebaran tiba seperti halnya di tanah mandar, Sulawesi Barat. Beragam menu lebaran akan ditemukan di tanah mandar saat lebaran tiba, sebagaimana berikut ini:

Gogos

Gogos merupakan sajian makanan yang terbuat dari beras ketan yang kemudian dimasak menggunakan santan. Setelah itu, makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang dan dipanggang. Gogos biasanya dipanggang malam atau subuh sebelum melaksanakan sholat idul fitri atau idul adha. Makanan ini memang sangat banyak digemari di tanah mandar khususnya saat lebaran.

Buras

Buras jika dilihat sekilas hampir menyerupai lemper sejenis kue basah khas jawa. Hanya saja yang membedakan jika lemper terbuat dari ketan, sedangkan buras dibuat menggunakan beras sebagai bahan utamanya. Namun keduanya sama-sama dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus, buras kemudian direbus hingga matang selama 3-4 jam. Buras juga selalu melengkapi menu lebaran di tanah mandar ketika lebaran.

Tape

Tape merupakan makanan terbuat dari beras ketan yang direndam kemudian dikukus. Setelah itu didiamkan selama 30 menit kemudian campur ragi. Campuran ragi dan beras ketan tersebut diremas-remas dan dibentuk bulat-bulat. Kemudian dipermentasikan selama tiga hari.  

Pupu

Pupu terbuat dari ikan yang dihaluskan setelah dibakar, kemudian dicampur kelapa yang disangrai, dan bumbu seperti lengkuas, cabe rawit, serai, bawang mandar, garam, merica. Setelah itu adonan tersebut dicampur dan  dihaluskan kemudian dibentuk segitiga. Setelah itu digoreng.

Baruas

Baruas juga merupakan kue yang terbuat dari campuran tepung beras, tepung terigu, gula aren, gula pasir, soda kue, dan telur. Kemudian adonan tersebut dibentuk bulat, setelah itu  dipanggang.

TAGS : Lebaran Mandar Makanan Kuliner




TERPOPULER :