Jum'at, 23/08/2019 23:32 WIB

Selama Puasa, Penderita Hipertensi Tak Dianjurkan Konsumsi Garam

 Pasien dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) mengurangi mengkonsumsi garam dan gorengan selama Ramadhan

Ilustarasi gejala sakit kepala penderita Hipertensi (Foto: Nova)

Jakarta, jurnas.com - Kementerian Kesehatan  Arab Saudi, menyarankan pasien dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) mengurangi mengkonsumsi garam dan gorengan selama Ramadan. Kabar tersebut merupakan bagian dari program kesadaran kesehatan dan keselamatan tahunan kementerian yang dilaksanakan selama bulan suci.

Pejabat kementerian mengatakan pasien dengan hipertensi harus mengkonsumsi produk susu rendah lemak , karena mengandung ragi yang membantu menurunkan tekanan darah. Ia mendesak pasien konsultasi sebelum memulai puasa untuk menentukan kemampuan mereka melakukannya.

Bukan hanya itu, mereka juga disarankan minum obat untuk mengobati hipertensi secara langsung setelah sholat Taraweh sehingga tubuh dapat memulihkan cukup cairan setelah sarapan pagi. Pasien yang lupa minum obat tersebut disarankan untuk melakukannya kapan pun mereka ingat pada hari yang sama. Jika mereka ingat keesokan harinya, mereka seharusnya tidak melipatgandakan dosis reguler.

Dr. Abdul Hameed Hassan, seorang konsultan di International Medical Center di Jeddah, mengatakan, "Kebanyakan masyarakat modern menjalani kehidupan yang mengarah pada hipertensi. Seiring bertambahnya usia, situasi semakin memburuk. Hampir separuh dari semua lansia menderita hipertensi. Penyakit ini membuat orang lebih rentan terkena stroke, tiga kali lebih mungkin terkena serangan jantung, dan dua sampai tiga kali lebih mungkin mengalami gagal jantung."

Studi menunjukkan makanan yang tinggi lemak, terutama lemak jenuh, bisa menyebabkan hipertensi, karena bisa menggunakan banyak garam. Obesitas, kurang olah raga, asupan kafein tinggi, merokok dan kolesterol tinggi juga menyebabkan. Ada cara untuk mengobati hipertensi dan tetap menjalani kehidupan normal. Ada banyak jenis obat yang disebut anti hipertensi di pasaran saat ini yang bisa mengobatinya.

TAGS : Hikmah Ramadan Manfaat Puasa




TERPOPULER :