Rabu, 19/09/2018 05:59 WIB

Empat Manfaat Berpuasa yang Perlu Anda Tahu

Intisari puasa di bulan Ramadhan adalah spiritual. Meski begitu, bulan suci ini juga menawarkan sejumlah manfaat bagi pikiran dan tubuh.

Ilustrasi berpuasa

Jakarta - Bulan Ramadhan adalah masa di mana seorang Muslim berpuasa. Bulan ini juga dikenal sebagai pengorbanan, pemberian, kesalehan dan latihan mandiri. Memang, intisari puasa di bulan Ramadhan adalah spiritual. Meski begitu, bulan suci ini juga menawarkan sejumlah manfaat bagi pikiran dan tubuh.

Sains  membuktikan bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkat. Sebuah kongres Internasional tentang "Kesehatan dan Ramadhan" yang diadakan di Casablanca pada 1994, mencakup 50 studi tentang etika kedokteran bulan Ramadan dan mencatat berbagai perbaikan dalam kesehatan orang-orang yang berpuasa.

Jika ada efek negatif, itu pada  karena terlalu memanjakan makanan di iftar (Sarapan Ramadhan) atau tidak tidur nyenyak di malam hari. Perlu diingat puasa berbahaya bagi kesehatan bagi penderita diabetes tipe 1, Anda tidak disarankan untuk berpuasa saat kondisi medis Anda memburuk.

Bagi Anda yang bisa berpuasa, selengkapnya baca di sini untuk mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa dari puasa terhadap kesejahteraan kita secara keseluruhan.

1. Menyediakan ketenangan hati dan pikiran

Ada makna rohani bagi mereka yang berpuasa pada Ramadhan. Orang-orang Muslim mempraktikkan kemurahan hati dengan berbuat amal, memperat ikatan keluarga terutama saat berkumpul di seputar meja iftar, spiritualitas dengan berdoa, dan mengendalikan diri dengan mempraktikkan perilaku yang baik. Semua kebiasaan ini membangun perasaan kedamaian, ketenangan dan kepuasan diri.

2. Meningkatkan kadar lemak darah Anda

Sebuah studi yang dilakukan pada 1997 dalam Annals of Nutrition Metabolism menunjukkan, puasa menurunkan kadar kolesterol `LDL` yang buruk sebesar 8 persen, trigliserida hingga 30 persen, dan peningkatan kadar HDL yang baik sebesar 14,3 persen sehingga melindungi jantung Anda dari penyakit kardiovaskular.

Hal ini dapat dijelaskan oleh kebiasaan makan dan olahraga kita. Pada Ramadhan, orang cenderung memilih pilihan yang lebih sehat seperti kurma, kacang-kacangan, sup miju-miju, dan makanan rumahan. Studi telah mencatat bahwa konsumsi lemak jenuh secara keseluruhan, biasanya ditemukan pada mentega, lemak babi, daging berlemak, dan makanan cepat saji, berkurang pada bulan Ramadhan. Selain itu, shalat malam "tawarih" dapat memberikan tingkat aktivitas fisik yang memadai setara dengan aktivitas fisik moderat yang bagi sebagian orang, mungkin lebih dari biasanya berolahraga.

3. Puasa membantu mengatasi kecanduan

Kecanduan bisa datang dalam berbagai bentuk, seperti ,merokok, berbohong, cokelat, atau bahkan bergosip dan Ramadhan memberikan kesempatan bagus untuk membuangnya. Karena Ramadhan mengajarkan Anda menahan diri hampir sepanjang hari. Secara berlahan, Anda akan menyadari meninggalkan kebiasan buruk tidaklah sesulit yang Anda pikirkan!

4. Menghilangkan lemak dan penurunan berat badan

Ramadan mungkin merupakan kesempatan sempurna untuk melatih diri kembali ke jalur makan sehat. Bila Anda berpuasa, Anda belajar mengendalikan hasrat. Menjelang akhir Ramadan Anda akan memiliki kekuatan kemauan yang lebih kuat dan Anda akan mendapatkan kekuatan untuk mengatakan tidak pada makanan yang menggoda.

TAGS : Hikmah Ramadan Manfaat Puasa Tips




TERPOPULER :