Jum'at, 24/05/2019 08:39 WIB

KPOP

BTS Suga Ungkap Penyebab Depresi

Meski telah menjadi salah satu artis paling top Korea, ternyata member BTS ini alami depresi gara-gara tidak percaya diri dengan penampilannya

BTS Suga (Foto: Koreaboo)

Jakarta - Meski telah menjadi salah satu artis paling top Korea, ternyata member BTS ini alami depresi gara-gara tidak percaya diri dengan penampilannya. Depresi ini bahkan sudah dialaminya semenjak ia belum debut dengan boyband BTS.

Koreaboo melansir, Suga pertama kali memberitahu publik tentang depresinya saat melakukan interview di radio pada 2014 lalu.

Dia membicarakan bagaimana ia merasa bahwa tubuhnya sangat besar, dan rapper BTS ini berolahraga extra keras untuk menurunkan berat badannya. Namun setelah mengalami cedera di bahunya, dokter melarangnya untuk berolahraga. Larangan itu membuatnya merasa tidak berdaya.

Dalam track BTS yang berjudul "Tomorrow", Suga mengakui pertarungannya melawan depresi melalui lirik yang ditulisnya di lagu tersebut.

Dia melanjutkan diskusi tentang persoalan mental di lagu solonya, Agust D yang dirilis 2016 lalu. Lagu yang ditulis olehnya itu menjelaskan tentang depresi, gangguan obsesif-kompulsid, dan kecemasan sosial serta topik serius lainnya.

Sedangkan dalam track "The Last, Suga membagikan pengalamannya meminta pertolongan profesional untuk memahami apa artinya identitas artis Kpop untuk dirinya.

Saat melakukan interview dengan Grazia, Suga mengaku sangat puas dengan mixtape yang dibuatnya, "mixtape itu adalah semua yang saya ingin lakukan," ujarnya.

Suga dengan berani mendiskusikan topik tentang tubuh ideal yang digemborkan oleh strereotip standar kecantikan yang diperuntukkan bagi kalangan selebriti.

"Press mengangkat isu tentang standar kecantikan berdasarkan seberapa kurus seseorang. Di sisi lain dunia, banyak orang yang mati kelaparan. Kita seharusnya lebih konsen terhadap persoalan tersebut, jika kelak saya memiliki pengaruh saya akan mencoba mengubah perhatian orang-orang kepada hal itu (isu kelaparan)," jelas Suga panjang lebar.

 

TAGS : Kpop BTS Suga Depresi




TERPOPULER :