Sabtu, 18/01/2020 10:08 WIB

Akhirnya, MA Terima GNPF-MUI

Kuasa Hukum GNPF-MUI Kapitra Ampera mengatakan dirinya telah bertemu langsung dengan Sekjend MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo dan sejumlah hakim panitera

Kapitra Ampera

Jakarta - Setelah melalui proses negosiasi, akhirnya perwakilan aksi massa 505 dari Gerakan Nasional Penyelamat Fatwa MUI (GNPF-MUI) diterima para hakim Mahkamah Agung (MA). Sejumlah perwakilan GNPF-MUI tampak dipersilahkan masuk ke dalam gedung MA di jalan Medan Merdeka Utara 9-13, Jakarta Pusat (5/5/2017).

Sekeluarnya dari gedung MA, Kuasa Hukum GNPF-MUI Kapitra Ampera mengatakan dirinya telah bertemu langsung dengan Sekjend MA Achmad Setyo Pudjoharsoyo dan sejumlah hakim panitera. Kapitra mengatakan pihaknya telah mengajukan tuntutan supaya MA menjamin hakim pengadilan kasus penistaan agama bebas dari intervensi kekuasaan.

"Tadi kita sudah bertemu, diterima oleh Sekjen dan Panitera, kita sudah sampaikan maksud kita. Kita mendukung majelis hakim independen dan tidak boleh diintervensi oleh kekuasaan, oleh siapapun dalam bentuk apapun," ujar Kapitra di depan gedung MA di jalan Medan Merdeka Utara 9-13, Jakarta Pusat (5/5/2017).

Selain itu, Kapitra menyampaikan pihaknya meminta MA memastikan agar majelis hakim memperhatikan fakta-fakta persidangan kasus penistaan agama. Tujuannya, katanya, demi rasa keadilan sebagaimana tuntutan pihaknya selama ini menyangkut kasus penistaan agama yang dilakukan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Itu yang kami sampaikan," tandasnya. 

Kapitra menyampaikan, Achmad Setyo Pudjoharsoyo selaku Sekdjen MA beserta jajarannya merespon dengan jaminan sebagaimana dua hal yang telah diajukannya. 

"Kedua MA menjamin bahwa keputusan majelis hakim pasti berdasarkan fakta-fakta persidangan dan nilai-nilai keadilan di masyarakat, itu yang kami sampaikan, itu yang direspon dan digaransi oleh MA," ucapnya.

Sebelumnya, aksi massa 505 bergerak dari Mesjid Istiqlal menuju titik akhir aksi di depan gedung MA. Mereka menggelar aksi selepas melakukan ibadah sholat Jumat di masjid terbesar se-Indonesia tersebut.

TAGS : GNPF-MUI Kapitra Ampera MA




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :