Rabu, 24/04/2024 07:17 WIB

Ini Seruan Ketua MUI Usai Pilkada DKI

Hal itu, kata Ma’ruf, merupakan upaya untuk menyejukkan kembali kondisi masyarakat setelah melewati panasnya pesta demokrasi di ibu kota.

KH Ma’ruf Amin

Jakarta – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin menekankan tiga langkah penting usai penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) di DKI Jakarta. Hal itu, kata Ma’ruf, merupakan upaya untuk menyejukkan kembali kondisi masyarakat setelah melewati panasnya pesta demokrasi di ibu kota.

“Harus ada kegiatan nasional yang tujuannya itu pertama solutif. Semua masalah yang ada itu kita selesaikan. Tapi juga antisipatif, jangan sampai nanti terjadi lagi. Kemudian yang ketiga itu rekonsiliatif, yakni menyatukan lagi sehingga tidak hal-hal yang mengancam keutuhan umat,” kata Ma’ruf Amin di sela-sela Kongres Ekonomi Umat (KEU) di Jakarta, Sabtu (22/4).

Kemudian, Ma’ruf mengimbau agar para pejabat dan elit politik tak segan-segan turun tangan dalam menyelesaikan konflik horisontal tersebut. Sebab, sebagaimana diketahui, isu agama yang terdapat dalam pertarungan memperebutkan kursi nomor satu DKI Jakarta telah melahirkan kebencian di tengah-tengah masyarakat.

“Para tokoh bangsa dan elit-elit bangsa harus mengambil peran aktif untuk menyelesaikan hal ini, bukan dibiarkan,” tegasnya.

KEYWORD :

Pilkada DKI MUI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :