Jum'at, 10/07/2020 06:42 WIB

Selebritis

Ali, Aktor Muslim Kulit Hitam Pertama Menangkan Piala Oscar

Aktor Muslim pertama kali memenangkan penghargaan sebagai Aktor pendukung terbaik.

Marchala Ali, aktor pemain pendukung terbaik Oscar (Foto: Reuters)

Los Angeles - Marchala Ali (43) tidak hanya memenangkan Oscar pertamanya pada Minggu (26/2) sebagai pemeran pendukung di Moonlight, tapi ia juga salah satu aktor muslim pertama kali memenangkan penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik.

Ali, begitu ia disapa, memainkan peran sebagai mentor anak muda kulit putih pada Moonlight, merupakan salah satu dari dari tujuh aktor kulit hitam yang dinominasikan Oscar tahun ini, sekaligus aktor kulit hitam kelima yang menang dalam kategori tersebut.

Dalam sambutan kemenangannya ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah membantu mencapai prestasi tersebut. "Saya berterima kasih kepada guru saya, dosen saya," katanya dalam sambutannya. Ia menambahkan, mereka mengajarkan kepadaku "bukan tentang Anda, tapi tentang karakter ini. Anda telah menjadi pelayan dalam cerita-cerita dan karakter ini. Saya sangat diberkati  memiliki kesempatan ini."

Meskipun pidato tidak menyebut langsung agamanya, Ali berbicara sangat emosional tentang toleransi beragama selama pidato penerimaan di Layar penghargaan Actors Guild bulan lalu. Komentarnya itu meneguhkan hati banyak orang setelah peluncuran larangan perjalanan Donald Trump yang kontroversial pada imigran dari tujuh negara mayoritas Muslim.

"Ibu saya seorang pendeta, sementara saya seorang Muslim. Dia tidak melakukan backlips ketika saya meneleponnya untuk mengatakan kepada saya dikonvensi 17 tahun yang lalu. Anda menempatkan hal-hal ke sisi lain dan saya bisa melihat dia dan dia bisa melihat saya. Kami saling mencintai. Cinta telah tumbuh di antara kami," katanya tak tahan menahan air mata.

Ali juga berbicara tentang bagaimana alur cerita Moonlight adalah refleksi dari dunia saat ini: "Saya pikir apa yang telah saya pelajari pada Moonlight adalah apa yang terjadi ketika Anda menganiaya orang," katanya menyindir Trump. Saya sangat bersyukur memiliki kesempatan bermain untuk Juan. Saat menerima Oscar, Ali juga mengucapkan terima kasih kepda istri cantiknya yang baru melahirkan anak pertama mereka akhir pekan ini dan sutradara Moonlight, Barry Jenkins dan crew lainnya.[]

TAGS : Piala Oscar Marchala Ali Kulit hitam




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :