Kamis, 25/04/2024 07:59 WIB

Tips

Deretan Fitur yang Dimonitor Komputer Mobil

Tak sedikit orang beranggapan bahwa fungsi ECU adalah untuk mengendalikan mesin mobil. Namun secara spesifik, ECU menggunakan proses untuk mengendalikan sejumlah fungsi mesin tertentu.

Mobil listrik Tesla (Foto: Tesla)

Jakarta – Kebanyakan orang tak mengetahui apa saja yang dilakukan komputer di dalam mobil. Teknologi komputerisasi pada kendaraan ini dimulai pada dunia otomotif sekitar era 1980-an.

Pada saat itu Intel dan Ford membentuk tim bersama untuk membuat electronic control units (ECU) untuk fungsi prosesi di semua model produksi Ford keluaran 1983.

Tak sedikit juga beranggapan bahwa fungsi ECU adalah untuk mengendalikan mesin mobil. Namun secara spesifik, ECU menggunakan proses untuk mengendalikan sejumlah fungsi mesin tertentu.

Seperti dikutip dari tipsatl.com, sebuah sistem kendali yang juga disebut sebagai feedback control system, bertugas memonitor tenaga mesin dan mengolah sebagian data untuk dikirimkan kembali ke sensor. Dan sensor inilah yang kemudian menyuplai data ke ECU, untuk selanjutnya membandingkan output aktual dengan output yang dikehendaki dalam menemukan kesalahan.

Bila hasilnya berbeda dengan yang diinginkan, maka ECU membuat penyesuaian supaya output mesin kembali ke level yang diinginkan.

Sebagai contoh, untuk mengetahui suhu cairan pendingin hingga jumlah oksigen di saluran pembuangan, ECU akan mengumpulkan data dari sejumlah sensor yang berbeda. Selanjutnya ECU menggunakan data tersebut untuk melakukan jutaan kalkulasi dalam setiap detiknya. Tak hanya itu, ECU juga dapat menentukan waktu pengapian yang terbaik, kecepatan konstan dan berapa lama injektor bahan bakar terbuka.

Untuk model kendaraan lansiran terbaru, ECU yang dipakai adalah ECU generasi anyar, dengan mengintegrasikan peranti lunak komputer ke dalam mayoritas aspek fungsionalitas kendaraan. Seperti halnya pada model Mercedes-Benz S500 dan Chevrolet Volt yang memiliki lebih dari 10 juta kode software. Nah, berikut ini beragam fitur yang dimonitor dan dikendalikan oleh ECU:

- Door control unit (DCU)

- Engine control unit (ECU)—not the electronic control unit

- Electric Power Steering Control Unit (PSCU)

- Human-machine interface (HMI)

- Powertrain control module (PCM)

- Seat Control Unit

- Speed control unit (SCU)

- Telematic control unit (TCU)

- Transmission control unit (TCU)

- Brake Control Module (BCM; ABS atau ESC)

- Battery management system.

Umumnya seiring dengan naiknya harga kendaraan, maka meningkat pula fitur yang dikendalikan oleh komputer, di antaranya:  

- Komputer yang mengendalikan transmisi otomatis

- Komputer yang membaca kecepatan roda dan mengendalikan rem agar tidak mengunci

- Komputer untuk sistem kantung udara

- Komputer untuk keyless entry dan sistem keselamatan

- Komputer untuk sistem kendali iklim (climate control)

- Komputer untuk memrogram posisi tempat duduk dan spion bagi pengemudi yang berbeda-beda

- Komputer untuk radio dan pemutar CD dengan digital display

- Komputer untuk cruise control

Dari semua yang dilakukan komputer tersebut dibuat untuk memudahkan pengguna dalam berkendara. Semakin Anda ingin memiliki mobil canggih, maka siap-siap merogoh kocek lebih besar untuk biaya perawatan. [yog]

 

 

KEYWORD :

Tips Perawatan Mobil Fitur Kendaraan ECU




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :