Senin, 30/03/2020 03:29 WIB

Bursa Dirut Pertamina Diramaikan Calon Eksternal

Bursa Caon Dirut PT Pertamina (Persero) diramaikan oleh Elia Massa Manik (Direktur Utama Holding Perkebunan), Sofyan Basir (Direktur Utama PT PLN), termasuk Staf Ahli Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Minyak bumi

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku masih menunggu usulan nama-nama calon Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (persero) pasca pemecatan Dwi Soetjipto sebagai Dirut dan Ahmad Bambang sebagai Wakil.

Spekulasi pun bermunculan. Sejumlah nama beredar di kalangan wartawan, baik figur dari internal/direksi Pertamina maupun dari kalangan luar Pertamina. Misalnya ada nama Elia Massa Manik yang dinilai sukses menjadi Direktur Utama Holding Perkebunan. Juga ada nama Sofyan Basir yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Selain itu, ada juga selentingan isu yang menyebut nama Staf Ahli Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin. Sedangkan dari kalangan internal, ada Syamsu Alam yang merupakan Direktur Hulu Pertamina, kemudian Rachmad Hardadi yang kini menjabat Direktur Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia.

"Nama-nama belum. Kan diproses dulu dengan Dewan Komisaris yang kemudian memberikan usulan," ujar Menetri BUMN Rini Soemarno.

Penetapan Dirut Pertamina tentunya juga harus atas persetujuan dan restu dari Presiden Jokowi. Bahkan tarik menarik kepentingan pasti terjadi mengingat Pertamina adalah BUMN strategis negara yang mengelola masalah minyak dan gas bumi.

TAGS : Dirut Pertamina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :