Kamis, 20/09/2018 14:18 WIB

Cara Anti Lowbat Baterai Smartphone

Berikut ini, beberapa tips yang akan membantu kamu menghemat penggunaan baterai di ponselmu.

Ilustrasi ponsel (Foto: Tech Spot)

Jakarta – Lupa membawa ponsel saat bepergian memang menyebalkan. Tapi, kehabisan baterai ponsel di saat-saat yang diperlukan, jauh lebih menyebalkan. Apalagi misalnya, bagi kamu yang pergi dan pulang ke tempat kerja menggunakan jasa angkutan online. Otomatis, kamu butuh smartphonemu untuk memesan layanan si abang ojek.

Berikut ini, beberapa tips yang akan membantu kamu menghemat penggunaan baterai di ponselmu.

  1. Cari tahu aplikasi yang memakan daya besar

Pertama-tama kamu harus tahu terlebih dahulu, aplikasi apa di ponselmu yang memakan daya paling besar. Ini penting, sebab jika ternyata aplikasi tersebut jarang kamu gunakan, kamu bisa menonaktifkan atau bahkan meng-uninstall aplikasi itu. Caranya, coba buka pengaturan dan cari menu yang mengarahkanmu pada baterai. Contoh pada iPhone, Setting > Battery.

  1. Hapus aplikasi Facebook

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang menghabiskan kekuatan baterai yang besar. Untuk berkomunikasi via Facebook, ada baiknya kamu membukanya lewat browser bawaan, atau google chrome. Atau, sudah waktunya kamu mengucapkan selamat tinggal untuk media sosial yang satu ini.

  1. Matikan pemberitahuan email

Jika kamu bukan tipikal orang sibuk yang tergantung dengan email-email masuk, sebaiknya kamu matikan notifikasi email. Pemberitahuan semacam ini juga memboros daya, guys.

  1. Redupkan layar

Semakin cerah layar ponselmu, maka konsumsi baterai juga semakin besar. Jadi, turunkan tingkat kecerahan sampai 50%, agar bateraimu tahan lama.

  1. Matikan GPS

Beberapa aplikasi membutuhkan GPS, seperti Waze, Grab, Gojek, Maps, dan lain sebagainya. Tugas GPS seperti antena yang mencari tau keberadaan kamu. Nah, wireless yang dipancarkan oleh GPS ini akan memakan daya yang besar dari ponsel. Sehingga, agar tidak terlalu boros baterai, matikan saja GPS di ponselmu.

TAGS : Baterai Tips Smartphone




TERPOPULER :