Minggu, 23/09/2018 19:05 WIB

Tips

Perhatikan Hal Ini Saat Cuci Mobil di Musim Hujan

Dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan, pekerjaan mencuci mobil ternyata perlu dilakukan secara rutin. Kenapa? Simak alasannya

Jasa Pencucian Mobil / Yogi

Bekasi – Mencuci mobil memang telihat mudah, Anda bisa melakukannya sendiri ataupun melalui jasa pencucian kendaraan yang kini bertebaran di mana-mana. Namun, dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, pekerjaan mencuci mobil ternyata perlu dilakukan secara rutin.

Pasalnya, bila tidak dilakukan maka permukaan warna cat pada bodi mobil lambat laut akan cepat kusam dan pudar. Bahkan yang lebih ekstrimnya lagi dapat menimbulkan keropos pada bagian luar kendaraan.

Seperti diketahui semua bagian bodi luar mobil terbuat dari plat-plat besi yang dilapisi oleh cat, tapi lama-kelamaan daya tahannya akan berkurang, terlebih di musim hujan, di mana air hujan yang mengandung zat asam akan bercampur dengan debu dan kotoran yang menempel sehingga bila tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan karatan.

"Musim hujan, sebaiknya cuci secara rutin terutama di bagian bawah atau kolong mobil yang rawan berkarat," ujar Budiman, salah seorang mekanik bengkel mobil di Jatibening, Bekasi baru-baru ini.

Menurut Budiman, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan perawatan mencuci mobil. Yang pertama kata Budiman yaitu mobil harus dicuci secara berkala minimal satu kali dalam seminggu.

Kedua, gunakanlah shampoo mobil khusus atau sejenisnya yang mengandung bahan-bahan pencegah karat. Jangan pakai produk rumah tangga, seperti sabun colek atau detergen lainnya.

Ketiga, pakailah busa atau lap khusus. Tidak disarankan mengunakan lap biasa, seperti kain bekas, sebab nantinya kotoran atau pasir yang menempel pada kain dapat menyebabkan bodi-bodi lecet.

Dan keempat adalah menggunakan sikat yang halus untuk mencuci bagian roda, seperti ban, velg, serta kaki-kaki bagian kolong mobil.

Selanjutnya yang perlu diperhatikan lagi ungkap pria yang akrab disapa Tambunan ini, adalah bagian yang menggunakan anti karat.

“Pada bagian itu, sebaiknya jangan pernah disikat, cukup dibersihkan dengan sabun dan busa pembersih. Hal ini penting untuk menghindari lapisan pelindung anti karat tersebut cepat rontok,” paparnya. [yog]

 

 

 

TAGS : Tips Perawatan Mobil Cuci Mobil Banjir




TERPOPULER :