Minggu, 18/11/2018 05:00 WIB

Internasional

Yuk, Ketahui Festival Lentera di China

Festival Lentera atau dalam bahasa Cinanya Yuan Xiao Festival adalah salah satu festival terpenting bagi orang Cina setelah festival musim semi

Festival Lentera di Cina (Foto: Xinhuanet)

Beijing - Festival Lentera atau dalam bahasa China-nya, Yuan Xiao Festival adalah salah satu festival terpenting bagi orang China setelah festival musim semi. Xinhuanet melansir, Yuan Xiao Festival ini jatuh setiap tanggal 15 di bulan pertama pada kalender lunar China.

Perayaan festival yang jatuh pada tanggal 11 Februari tahun 2017 ini dianggap sebagai salah satu libur negara yang paling penting bagi warga China, berbagai acara pun banyak diadakan untuk memeriahkan festival ini. Kalender lunar Negeri Tirai Bambu itu didasarkan pada siklus bulan, dengan bulan purnama yang jatuh pada tanggal 15 setiap bulannya.

Festival Lentera sendiri diadakan untuk menandai bulan purnama pertama di tahun baru lunar. Bulan purnama pertama itu menandai kembalinya musim semi dan melambangkan reuni keluarga. Namun, dilansir dari chinahighlights kebanyakan orang tidak bisa merayakannya dengan keluarga mereka, karena tidak ada libur umum untuk festival ini.

Umumnya warga China merayakannya dengan menggantung lentera berwarna-warni, kemudian orang-orang berkumpul pada malam Festival Lentera untuk merayakan dengan kegiatan yang berbeda. Sebagian lainnya berkumpul dengan teman atau keluarga dan menikmati indahnya lentera yang dibuat dengan berbagai bentuk yang unik, kemudian menyaksikan keindahan bulan purnama, dan bermain kembang api. Namun yang wajib selain menikmati keunikan lentera adalah makan kue beras manis yang menjadi kue khas saat festival ini, serta menyaksikan tarian singa atau tarian naga.

Selain itu, festival ini juga seringnya dikaitkan dengan game khusus yang memang serunya dimainkan saat festival lentera ini, salah satunya adalah permainan kata semacam teka-teki tentang festival lentera. Pemilik lentera akan menuliskan teka-teki pada satu catatan kertas dan menempelkannya pada lentera berwarna-warni yang telah dibuat. Kemudian orang berkerumun untuk menebak teka-teki tersebut.

Jika seseorang berpikir mereka memiliki jawaban yang benar, maka mereka dapat menarik kertas yang berisi teka-teki itu dan pergi ke pemilik lentera untuk memberikan jawaban mereka. Jika jawabannya benar, biasanya ada hadiah kecil dari pemilik lentera.

TAGS : Festival Lentera Cina Tahun Baru Lunar




TERPOPULER :