Minggu, 23/09/2018 01:29 WIB

Tips

Ini Dia Zat yang Bisa Merusak Cat Mobil

Setiap pemilik mobil pasti ingin kendaraannya tampil kinclong layaknya mobi baru keluar dari pabrik. Namun, tanpa disadari ada beberapa zat yang dapat mengkikis cat meski sudah dilapis. Apa saja?

Ilustrasi Debu dapat merusak cat mobil / Paultan

Jakarta – Setiap pemilik mobil pasti ingin kendaraan kesayangan tampil kinclong layaknya mobi baru keluar dari pabrik. Namun tanpa disadari ternyata ada beberapa zat yang dapat mengkikis cat meski sudah dilapis. Apa saja?

Berbagai sumber menyebutkan ada beberapa zat yang harus hindari dan segera dilakukan penangangan jika tidak mau cat mobil Anda mengalami kerusakan. Berikut deretan zat perusak cat mobil:

  1. Kotoran burung

Umumnya mobil yang parkir di luar sering dijumpai kotoran burung pada bagian atap dan kap mesin mobil. Tapi jangan anggap ini sepele dan membiarkan kotoran itu menempel lama, sebab bisa merusak cat dan bahkan logam.

  1. Bangkai serangga

Mungkin secara tak sengaja Anda sering menemukan serangga kecil yang terjebak di bumper, kap mesin hingga kaca depan. Nah, cairan asam pada tubuh hewan kecil itu bila didiamkan terlalu lama dapat mengikis permukaan cat.

  1. Getah pohon

Getah pohon atau tanaman biasanya jatuh ke bodi mobil, terlebih bila parkir di bawah pohon. Nah, getah ini dapat bereaksi dengan permukaan cat dan akan menyisakan noda. Untuk membersihkannya, Anda tak bisa hanya dengan mengguyurnya dengan air, tapi harus dibarengi dengan wax atau cairan pemoles cat lainnya.

  1. Telur

Tak jarang telur dipakai untuk bahan candaan kepada teman atau kerabat yang ulang tahun. Tapi terkadang kita juga tak sengaja telur tersebut membentur ke bodi mobil. Meski terlihat sepele, tapi cairan putih dan kuning telur yang mengandung asam dapat mengikis permukaan cat. Belum lagi bila pecahan kulit telur sampai mengering, ini akan menyulitkan untuk membuangnya dan berpotensi membuat baret permukaan cat.

  1. Tumpahan minuman

Tanpa disadari kita sering meletakkan minuman seperti kopi atau minuman bersoda di atap mobil atau atau kap mesin. Untuk itu, hati-hati jangan sampai tumpah, sebab jika tumpah, zat asam pada kopi atau soda tersebut dapat merusak cat bila tak segera dibersihkan.

  1. Salju

Jika Anda tinggal di kawasan bersalju, lapisan es seringkali menutupi bodi mobil. Kalau sudah begini, jangan langsung buang lapisan salju tersebut, tapi terlebih dulu siram dengan air biasa agar mudah terlepas, sehingga cat mobil terhindar dari goresan.

  1. Aspal

Ketika cuaca terik, seringkali permukaan jalan beraspal menjadi lembek dan lapisan aspal yang mencair kerap terbawa ban mobil dan menempel di bodi bawah atau samping mobil Anda. Jika dibiarkan mengering dan keras, lama-lama sulit dibersihkan dan membuat mobil Anda bernoda. Nah, untuk itu ada cairan khusus untuk membersihkan aspal dari permukaan cat.

  1. Bahan bakar

Saat mengisi BBM, seringkali ada sedikit tetesan yang tumpah dari nozzle dan mengenai bodi mobil. Bila tidak segera dibersihkan, bahan bakar itu menguap dan menyisakan noda pada permukaan cat dan juga dapat merusak pelindung cat. Jika terlanjur menyisakan noda, hilangkan dengan wax sampaj bersih.

  1. Krim pembersih atau busa cukur

Cairan kimia ini jika terkena bodi mobil dan tak segera dibersihkan akan mengelupas cat. Untuk membersihkannya cukup disiram dengan air hingga bersih atau dengan campuran sampo mobil untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

  1. Debu

Debu yang tipis bila dibiarkan akan membentuk lapisan tebal pada permukaan bodi mobil. Untuk membersihkannya jangan langsung dilap, tapi siramlah terlebih dahulu lalu kemudian dicuci dengan sampo mobil.

 

 

 

TAGS : Cat Mobil Perawatan Mobil Zat Perusak Cat




TERPOPULER :