Jum'at, 20/10/2017 03:08 WIB

Ini Keuntungan Jika Anak Anda Seorang Gamers

Tentunya manfaat ini dapat dirasakan dengan memilih game yang tepat, atau dengan kata lain tidak semua game memberikan manfaat.

ilustrasi gamers

JAKARTA - Anak Anda seorang gamers? Jangan khawatir. Jika selama ini game memiliki citra yang negatif, ternyata game juga memiliki manfaat yang luar biasa. Tapi tentunya manfaat ini dapat dirasakan dengan memilih game yang tepat, atau dengan kata lain tidak semua game memberikan manfaat.

Berikut beberapa manfaat bermain video game dilansir dari Lifehack.

  1. Membantu anak belajar lebih baik

Beberapa game memiliki unsur-unsur edukasi. Hal itu akan membantu anak-anak belajar huruf dan angka, bahkan membantu anak-anak dalam menyelesaikan permasalahan. Memberikan edukasi lewat game akan mempersiapkan anak Anda untuk masuk sekolah dengan cara-cara yang menyenangkan.

  1. Meningkatkan kemampuan kritis

Permainan puzzle akan membuat anak berpikir kritis, dan meningkatkan daya kreatifitasnya. Karena dalam game puzzle anak diharuskan untuk menyelesaikan permasalahan, maka anak dapat membuat relasi yang logis antara pilihan dan konsekuensi atas pilihan tersebut. Dengan kata lain, anak dapat memahami konsep sebab akibat secara ringan.

  1. Meningkatkan reflek motorik

Selama ini game dianggap dapat mengurangi perkembangan fisik anak. Nyatanya, bermain game mampu memperbaiki koordinasi antara mata dan tangan. Respon cepat yang dibutuhkan dalam bermain game dapat membantu anak Anda memilih satu dari sekian keputusan dalam jangka waktu yang pendek.

  1. Anak lebih aktif secara fisik

Beberapa stik kontroler video game telah menambahkan beberapa gerakan sebagai bagian dari game. Seperti Nintendo WII yang mewajibkan pemain untuk bangun dan mempraktikan gerakan tertentu, yang diikuti oleh Xbox Kinect dan PlayStation juga mulai membuat fitur-fitur semacam itu. Pasar video game bahkan mulai meluncurkan game olahraga yang tujuan utamanya untuk membantu pemainnya memperoleh badan yang fit.

  1. Game itu menyenangkan dan menghibur

Sepertinya hal ini sudah lumrah, tujuan game pada dasarnya untuk hiburan. Pilih game yang sesuai dengan usia anda, sebab tidak semua game mengandung kekerasan dan bahasa yang vulgar. Buktinya banyak game yang cocok untuk segala usia , bahkan digemari oleh seluruh kalangan. Tidak ada salahnya kan sesekali mengisi waktu anda dengan bermain game.

TAGS : Video game gaya hidup




TERPOPULER :

TERKINI

Uni Papua FC Gandeng Soxna Soccer Academi Madrid

Selama berlangsungnya turnamen SOXNA akan melakukan t...

Berikut Metode Baru Mencari Atlet Terbaik

Pelatih panjat tebing dari Belgia, Verhouven akan berbagi...

Pasca Pembubaran PRIMA, Berikut Persiapan Pemerintah dan KONI

Peralihan fungsi Satlak Prima ke KONI Pusat yang terpenti...

Pilkada 2018, PPP Pilih Realistis

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tidak mau terlalu ambi...

Komisi III DPR: Biarkan Anjing Menggonggong, Khafilah Berlalu

Munculnya pro-kontra atas pembentukan Densus Tindak Pidan...

Skandal Kendaraan Nissan Kembali Terkuak

Bulan ini, produsen mobil tersebut terpaksa mengumumkan d...