Senin, 16/01/2017 17:46 WIB

Industri

Suzuki Ajak 100 Siswa SD Peduli Lingkungan Hidup

Guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) mengadakan kegiatan Kunjungan Industri Pelajar dengan mengajak 100 siswa sekolah dasar ke pabrik mobil Suzuki yang ada di Cikarang.

Siswa SD Menanam Pohon Mahoni di Pabrik Suzuki / SIS

Bekasi - Guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang jatuh pada 10 Januari 2017, PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) mengadakan kegiatan Kunjungan Industri Pelajar dengan mengajak sejumlah siswa SD ke pabrik mobil Suzuki yang ada di Cikarang.

Kegiatan edukasi yang diadakan di Pabrik Suzuki Cikarang bertujuan untuk memperkenalkan proses pengolahan limbah yang dilakukan pabrik Suzuki serta pengenalan tentang berbagai jenis sampah yang berdampak pada lingkungan, termasuk melihat langsung proses produksi mobil mulai dari Pencetakan (Stamping), Pengelasan (Welding), Pengecatan (Painting), Perakitan (Assembling) hingga proses pengolahan limbah produksi.

Dengan melibatkan 100 pelajar SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening, rangkaian ini dimulai dengan aktivitas penyampaian materi interaktif tentang bahaya limbah dan sampah, pengolahan sampah yang benar dan bagaimana Suzuki menerapkan green concept untuk setiap aktivitas pabriknya.

Dalam kegiatan tersebut para siswa juga langsung melakukan simulasi pemilahan sampah berdasarkan jenisnya. Simulasi ini bertujuan agar mereka lebih memahami bahwa sampah dapat diolah kembali sehingga tidak merusak lingkungan melainkan bermanfaat bagi kehidupan.

Salah satu alat pengolahan limbah di Suzuki yang dapat dilihat langsung, yakni Waste Water Treatment. Alat ini berfungsi untuk mengolah limbah cair hasil produksi, sehingga air yang keluar dari pabrik Suzuki bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya dan bisa kembali digunakan untuk lingkungan sekitar.

Tak hanya itu saja, para siswa juga diajak untuk melakukan penghijauan dengan cara menanam pohon bersama. Sebanyak 50 pohon mahoni ditanam sebagai penyejuk dan pembersih udara di sekitar pabrik.

“Anak-anak sebagai generasi penerus bangsa memegang peran penting untuk menjaga lingkungan. Melalui contoh nyata aktivitas yang Suzuki lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar, kami ingin agar anak-anak juga memahami pentingnya memelihara lingkungan sedari dini,” kata Fajar Dewanto, Head Of HRDGA Cikarang Plant PT Suzuki Indomobil Motor, di Cikarang, Rabu (11/1).  

Tercatat selama tahun 2016 lalu, sebanyak lima ribu lebih pelajar sudah mengunjungi pabrik Suzuki Indonesia. Kunjungan pabrik Suzuki tidak hanya dibuka untuk pabrik pembuatan mobil saja, tapi juga ke pabrik pembuatan motor yang berada di Tambun, Bekasi serta pabrik pembuatan mesin di Cakung, Jakarta Timur. [yog]

 

TAGS : Suzuki Pabrik Suzuki SIS




BACA JUGA :

TERPOPULER

Nissan Luncurkan Layanan Gratis Biaya Jasa Sampai 50.000 Km/4 Tahun

Nissan Motor Indonesia (NMI) hadirkan layanan purna jual ...

Mengintip Fitur Unggulan Yamaha Aerox 155VVA

Yamaha Indonesia Motor baru saja mendulang sukses pemesan...

Bentley Perkenalkan Mobil Tercepat di Dunia, New Continental Supersports

Produsen mobil mewah Bentley memperkenalkan New Continent...

All New Honda Civic Type-R Prototype Riuhkan Tokyo Auto Salon

Salah satu sedan anyar andalan Honda yang bakal produksi ...