Minggu, 26/02/2017 19:56 WIB

KESEHATAN

Empat Langkah Atasi Infeksi Saluran Kemih

Satu dari lima wanita mengalami penyakit Infeksi pada saluran kencing (UTI), setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. Infeksi tersebut terjadi ketika bakteri masuk ke dalam kandungan kemih melalui ureta.

Ilustrasi.

National Kidney Fondation memrediksi satu dari lima wanita mengalami penyakit Infeksi pada saluran kencing (UTI), setidaknya sekali dalam seumur hidupnya. Infeksi tersebut terjadi ketika bakteri masuk ke dalam kandungan kemih melalui ureta, sehingga menyebabkan lapisan saluran kemih membengkak.

Akibat dari penyakit tersebut berdampak pada pada dorongan ingin buang air kecil, nyeri pinggul dan sensasi seperti terbakar saat buang air kecil. Penderita UTI,jika tidak mendapatkan perhatian penuh, konsekwensinya adalah infeksi pada ginjal.

Di lansir dari Daily Star, berikut beberapa langkah yang dianjurkan jika terjangkit infeksi pada saluran kemih (UTI);

1. Konsultasi ke dokter
Penyakit UTI dapat dicegah dengan mengonsumsi beberapa gelas jus mentimun, jus bayam atau masih sayur serta air kelapa. Namun, semakin menunda untuk konsultasi ke dokter, maka resiko penyakit tersebut menjadi lebih serius

"Menunggu terlalu lama untuk memulai pengobatan dapat memungkinkan infeksi cepat berkembang. Infeksi kandung kemih sederhana ini bisa diobati dengan antibiotik ora selama tiga hari," ujar profesor Urologi di Stanford School of Medicine, Ekene Enemchukwu berbicara dalam Kesehatan Perempuan.

2. Pertahankan cairan pada tubuh
Buang air dalam lima menit sekali adalah hal yang tidak ideal, karena itu dianjurkan agar tetap menjaga asupan air dalam tubuh.

"Jika kita dehidrasi, maka bakteri bisa bercokol di kandung kemih," ujar Carolyn DeLucia

DeLucia merekomendasikan agar meminum air setengah dari berat tubuh setiap hari. Jika berat tubuh 63,5 kg, maka harus mencoba minum sekira dua liter air perhari

3. Jauhi alkohol dan kopi
Jika Anda menderita penyakit UTI, maka dokter akan menyarankan untuk mengurangi mengonsumi alkohol, kopi, minuman bersoda, buah-buah asam, makanan pedas dan pemanis buatan. Jika masih mengonsumsi sejumlah makanan tersebut, sama dengan meyiram air garam pada luka.

4. Jangan menahan pipis
Penderita penyakit infeksi pada urine lebih sering terdorong ingin buang air kecil, ini hal terbaik yang perlu dilakukan menuruti keinginan tubuh. Sebab jika ditunda-tunda, malah akan membuat pemulihan yang cukup panjang.

Dengan membuang air kecil, setiap tubuh memberi isyarat akan membilas seluru bakteri yang berada pada kantung kemih tersebut.[]

TAGS : infeksi saluran kemih obat herbal




TERPOPULER :

TERKINI

Indonesia - Australia "Damai" Soal Perseteruan Militer

Sementara itu, Presiden Jokowi menyakinkan hubungan lainn...

Ribuan Demonstran, Tolak Kebijakan "Perang Narkoba" Duterte

Bagi para mendemo, kebijakan itu dikhawatirkan memicu ter...

Pleno KPUD Jakarta Putuskan Ahok Raih 42,99 persen


Dengan raihan itu, makan diputusan akan berlangsung...

Menag Minta Agama Jangan Dipolitisasi

Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Lukman Hakim Sai...

Australia-Indonesia Kembali Bangun Kerja Sama Militer

Perdana Menteri Australia, Malcom Turnbull dan Presiden I...

Deretan Fitur yang Dimonitor Komputer Mobil

Tak sedikit orang beranggapan bahwa fungsi ECU adalah unt...