Selasa, 25/09/2018 16:12 WIB

Senam Perjalanan Bikin Tubuh Tetap Fit

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, ternyata melakukan aktivitas senam di dalam perjalanan dapat membuat tubuh kita rileks. Anda hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat tanpa harus keluar dari mobil.

Ilustrasi Olahraga

Jakarta – Melakukan perjalanan jauh atau terjebak di tengah kemacetan lalu lintas berjam-jam, membuat tubuh kita cepat lelah. Tak jarang hal ini sering menimbulkan rasa kantuk.

Jika itu terjadi, maka konsentrasi mengemudi pun mulai berkurang sehingga bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Lalu bagaimana supaya tubuh kita tetap fit selama berkendara?

Selain mengkonsumsi air putih yang cukup, ternyata melakukan aktivitas senam di dalam perjalanan dapat membuat tubuh kita rileks. Anda hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat tanpa harus keluar dari mobil.

Berikut ragam tips melakukan senam perjalanan yang berhasil dihimpun berbagai sumber.

- Pertama: Coba tekan pinggang kuat-kuat pada tempat duduk, kemudian tarik otot perut ke dalam, selama 2-3 menit lalu lepaskan kembali. Lakukan hal ini sampai lima kali.

- Kedua: Kencangkan otot pantat selama 2-3 detik, kemudian kendurkan kembali. Lakukan hal ini sebanyak lima kali.

- Ketiga: Gerakan berat badan dari pantat kanan ke pantat kiri, lalu ke belakang dan ke depan selama 5-10 detik.

- Kempat: Dorong pinggang ke depan hingga melengkung, kemudian balik gerakkan tadi sambil menekan pinggang ke tempat duduk dengan mendorong pinggul ke depan. Lakukan sampai lima kali.

- Lima: Coba tarik bahu ke belakang sambil menyilang tulang belikat, lalu kembali ke posisi awal sampai lima kali.

- Enam: Kencangkan otot paha selama 2-3 detik, lalu kembalikan ke posisi semula. Lalukan hal ini lima kali.

- Tujuh: Pegang kemudi mobil dengan erat pada posisi jam 3 dan jam 9 sambil menekan ke depan selama tiga detik, kemudian kembali ke posisi awal. Lakukan hal ini sebanyak lima kali.

- Terakhir: Lakukan gerakan kepala ke arah bahu kanan dan bahu kiri, lalu kembali ke tengah sebanyak tujuh kali.

Selamat mencoba.

TAGS : Supir Senam Tips Perjalanan




TERPOPULER :