Minggu, 23/09/2018 03:34 WIB

Kesehatan

Kenapa Menu Makanan Kita Cenderung Itu-itu Saja?

Ternyata remaja-remaja yang lapar itu lebih memilih makanan berdasarkan lokasi yang biasa mereka kenal.

Ilustrasi makanan dan minuman

Jakarta - Penelitian tentang hubungan antara selera makan kita dengan ingatan kita tentang makanan  memperlihatkan bahwa semakin kita terbiasa dengan suatu  jenis makanan maka kita akan cenderung memilih itu lagi, walaupun kita punya banyak pilihan makanan lain yang lebih enak.

Kecenderungan itu gejala yang paling umum bisa dilihat pada kecenderungan orang untuk mengkonsumsi Junk Food yang sudah biasa mereka makan sejak kecil walaupun sudah niat betul untuk makan makanan yang lebih sehat.

Penelitian adalah penelitian yang dilakukan oleh Sebastian Gluth dari University of Basel yang  dipublikasikan di jurnal Neuron pada bulan Mei tahun 2015 lalu. Bagaimana penelitian itu dilakukan? Penelitian itu melibatkan 30 orang remaja yang sedang merasa lapar menjadi peserta penelitian.

Masing-masing dari mereka diberi tugas untuk menilai mana yang paling mereka suka dari  makanan-makanan kudapan (snack) yang ditawarkan kepada mereka. Ingat makanan-makanan itu tidak ada di depan peserta.  Kemudian peserta penelitian diminta untuk melihat gambar tempat di mana makanan-makanan itu biasa didapatkan. Selanjutnya peserta diminta untuk memiih saat diberikan dua gambar yang  memperlihatkan tempat mereka biasanya makanan-makanan itu.

Ternyata remaja-remaja yang lapar itu lebih memilih makanan berdasarkan lokasi yang biasa mereka kenal ketimbang memilih makanan-makanan yang sebelumnya mereka nilai lebih enak.  Selama proses mengingat dan memilih itu dilakukan otak mereka diperiksa dengan alat sensor untuk mengetahui bagaimana otak mereka mengambil keputusan.

Dan penelitian membuktikan bahwa peserta penelitian lebih mengandalkan daya ingat tentang makanan yang mudah dikenal ketimbang membayangkan akan rasa makanan yang lebih enak.

Jadi penelitian itu mengukuhkan satu hal, saat kitia diminta untuk memilih makanan kita akan cenderung memilih makanan yang biasa kita makan sehari-hari dibandingkan dengan mencoba makanan-makanan lain sebenarnya lebih enak menurut kita juga. Penelitian itu juga membuktikan mengapa saat kita belanja ternyata yang bahan-bahan yang kita beli ternyata balik lagi ke itu lagi dan itu lagi.

TAGS : Menu Makanan Sehat




TERPOPULER :