Senin, 18/01/2021 01:41 WIB

Agam Terapkan E-voting di Pilwana Serentak

Pelaksanaan e-voting ini bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

E-voting

Agam - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan mengggunakan perangkat e-voting atau alat pemungutan suara secara elektronik untuk pemilihan wali nagari serentak pada 2017. Anggaran sebesar Rp1,5 miliar disiapkan untuk membeli 30 unit.

"Dana ini telah dianggaran pada APBD 2017 dan pengadaan akan dilakukan pada awal 2017," kata Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Agam, Fauzan Helmi Hutasuhut di Lubuk Basung, Senin (26/12).

Ia mengatakan dana sebesar Rp1,5 miliar ini akan digunakan untuk membeli sekitar 30 unit perangkat e-voting seperti komputer beserta perangkat lain, mesin pencetak (printer), aplikasi e-voting, alat pembaca kartu tanda penduduk dan lainnya. Namun pihaknya belum bisa memastikan berapa unit perangkat e-voting yang akan dibeli, karena masih tahap penjajakan.

"Apabila nilai tukar dolar ke rupiah turun, maka pengadaan e-voting lebih dari 30 unit," katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagari (BPMPN) setempat, Welfizar menambahkan pada tahun depan sebanyak 28 nagari melakukan Pilwana secara serentak. "Pilwana serentak ini akan kita lakukan secara bertahap untuk satu kecamatan karena alat e-voting masih terbatas," kata dia.

Saat ini, pihaknya telah menyosialisasikan Pilwana serentak menggunakan e-voting dan demonstrasi penggunaan peralatan e-voting kepada wali nagari. "Sosialisasi dan demonstrasi ini telah kita lakukan, sesuai tanggung jawab kita agar Pilwana berjalan dengan baik. Sementara untuk pengadaan kita serahkan ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Agam, karena mereka mengerti tentang peralatan itu," katanya.

Dalam pelaksanaan e-voting ini, pihaknya bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Mereka akan mendampingi mulai dari tahap persiapan dalam bentuk pelatihan terhadap tim teknis dan kegiatan sosialisasi sampai pelaksanaan suara setiap nagari.

Pelaksanaan Pilwana secara e-voting merupakan terobosan baru dan sesuatu yang baru bagi masyarakat, sehingga perlu disosialisasikan secara berkesinambungan dan terarah. Selain hemat biaya, tambahnya, keunggulan metode secara e-voting ini tidak ada gangguan keamanan, transparasi, proses penghitungan suara lebih cepat, tepat, akurat dan hasil langsung dapat dilihat dalam beberapa menit. Ant

TAGS : e-voting BPPT Pilwana




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :