Sabtu, 27/04/2024 00:52 WIB

Penelitian

Jantung Buatan Nyaris Sempurna

Para peneliti mengambil berapa bagian sel jaringan dari 73 donor jantung yang dinilai tidak layak untuk transplantasi.

Ilustrasi Jantung

Jakarta - Para peneliti dari Massachusetts General Hospital dan Harvard Medical School telah mempublikasikan temuan mutakhir dalam Jurnal Circualtion Research. Tentang capaian mereka menggunakan sel dari kulit orang dewasa untuk menjadi salah satu bagian dari jaringan di dalam jantung manusia.

Idealnya, para ahli akan bisa membuat jantung buatan yang berasal dari jaringan sel yang dimiliki oleh pasien. Tetapi sepertinya hal itu masih belum cukup untuk menjadi kenyataan.

Kesulitannya adalah tiap organ memiliki arsitektur tertentu. Ibarat sebuah bangunan, jaringan hanya akan bisa dibuat jika sudah adah kerangka yang menyelimuti bangunan untuk bisa menyusun bangunan itu.

Pada penelitian terakhir ini, para peneliti mengambil berapa bagian sel jaringan dari 73 donor jantung yang dinilai tidak layak untuk transplantasi. Dari sel-sel jaringan yang sudah "berkerangka" inilah para peneliti mengambil sel dari kulit orang dewasa (pasien) kemudian dengan menggunakan teknik terbaru yang melibatkan RNA yang membawa kode-kode jaringan, mengubahnya menjadi pluripotens stem cell.

Sel ini adalah sel yang bisa menjadi sel-sel tertentu dalam jaringan tubuh manusia. Pada penelitian ini para penliti membuatnya menjadi dua jenis sel kardio yang berbeda. (sel pembuluh).

Saat perhitungan para ahli sudah bisa memperkirakan kerangka tumbuhnya sel baru para peneliti memasukan stem cell itu ke dalam jaringan jantung yang diambil dari donor-donor itu. Setelah proses selama dua minggu jantung-jantung yang telah diproses dengan stem cell itu mulai kelihatan seperti jantung yang masih belum dewasa. Saat peneliti memberikan setruman listrik, jantung itu pun mulai berdenyut.

Walaupun bukan pertama kali jaringan jantung bisa dibuat dari laboratorium, penelitian ini merupakan yang  mutakhir menunju ke tujuan utama  membuat organ jantung keseluruhan.

Tetapi hal itu masih sangat sulit, karena kata para ahli untuk membuat satu organ jantung membutuhkan kira-kira 10 miliar stem cell untuk membuat segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembuatannya.

KEYWORD :

Tranplantasi Jantung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :