Minggu, 18/11/2018 08:19 WIB

Cara Aman Berkendara dari Aksi Kejahatan

Maraknya aksi kejahatan di jalan raya atau lebih sering disebut dengan begal, masih terbilang cukup mengkhawatirkan. Lantas bagaimana cara agar terhindar dari aksi tersebut?

Ilustrasi pencurian

Jakarta – Aksi kejahatan di jalan raya atau lebih sering disebut dengan begal, akhir-akhir ini masih terbilang cukup mengkhawatirkan bagi semua pengguna kendaraan baik mobil dan motor.

Tidak tangung-tangung, aksi kejahatan yang kerap terjadi di jalanan sepi atau pada malam hari itu, nyawa pun bisa jadi taruhannya. Lantas bagaimana caranya agar terhindar dari pelaku kejahatan tersebut?

Berikut cara aman berkendara aman dari aksi kejahatan di jalan raya yang dihimpun dari berbagai sumber:

- Bawalah selalu SIM dan STNK di dalam saku atau dompet, dan jangan menaruh surat-surat penting di dalam kendaraan.

- Periksa peralatan standar kendaraan, seperti senter, obeng, tang, atau dongkrak.

- Pastikan mobil atau motor dalam kondisi layak jalan guna menghindari mogok di jalanan.

- Usahakan mobil atau motor memiliki fitur keamanan, seperti alarm atau kunci roda dan stir. Pengguna mobil disarankan pakai kaca film yang sedikit lebih gelap.

- Jika membawa barang berharga seperti laptop, usahakan jangan diletakkan di dalam kabin. Sebaiknya dimasukkan di dalam bagasi.

- Jangan membawa uang berlebihan dan menaruh dompet atau gadget lainnya di kursi. Usahakan simpan di saku atau laci.

- Jika dalam keadaan darurat dan berhenti di tempat terbuka, usahakan parkir di tempat yang aman.

- Bila ada pengendara lain yang memberitahukan ban kempis atau pintu tidak tertutup rapat, usahakan berhenti di tempat aman dan ramai, misalnya di pos polisi, pom bensin, bengkel, dan mini market.

- Jika pulang larut malam, usahakan jangan melewati jalanan sepi yang rawan kejahatan. Sebaiknya pilih jalur alternatif jalanan yang ramai dilalui kendaraan.

- Terakhir pastikan alat komunikasi seperti ponsel memiliki cukup pulsa dan baterai agar dapat menghubungi pihak kepolisian atau orang terdekat bila dalam keadaan darurat. [yog]

TAGS : Kejahatan jalan raya Begal Motor Begal Mobil




TERPOPULER :