https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Mei, Neta Bakal Mulai Perakitan di Indonesia

Untung Prasetyo | Selasa, 12/03/2024 23:30 WIB

Mei, Neta Bakal Mulai Perakitan di Indonesia Neta V Resmi Mengaspal di Indonesia (Foto: Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Pabrikan mobil listrik asal China, Neta bakal mulai produksinya di Indonesia dengan memulai perakitan mobil listriknya di Indonesia dalam bentuk completely knock down (CKD) pada Mei 2024.

Perusahaan itu sebelumnya telah meluncurkan mobil listrik perdananya di Indonesia, Neta V, pada tahun lalu.

"Dengan memulai perakitan lokal, NETA berharap tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi juga dapat memberikan penetrasi untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang ramah lingkungan dalam rangka mendukung program pemerintah," kata Direktur Urusan Eksternal dan Produk PT Neta Auto Indonesia (Neta) Fajrul Ilhami.

Baca juga :
Dua Mobil Listrik Topang Penjualan Wuling Motors di IIMS 2024

Proses produksi lokal Neta V bekerja sama dengan PT Handal Indonesia Motor, yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Perusahaan itu menyebut langkah ini sebagai komitmen Neta untuk serius memasuki pasar otomotif Indonesia.

Baca juga :
Presentasikan Rencana Resmi Pertama Pasca Perang, Netanyahu akan Kuasai Gaza

Kapasitas produksi pabrik dapat mencapai 27 ribu unit per tahun. Pabrik tersebut akan memproduksi mobil CKD, yakni mobil yang semua komponennya diimpor dalam keadaan terpisah sehingga proses perakitan dilakukan secara lokal.

Biasanya, harga mobil CKD saat sampai ke konsumen menjadi lebih murah dibandingkan mobil completely built up (CBU) yang diimpor utuh.

Baca juga :
Parlemen Israel Dukung Penolakan Netanyahu atas Pengakuan Negara Palestina

Pabrik lokal itu juga nantinya akan menjadi tempat untuk memproduksi lini mobil terbaru Neta yang akan diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini.

Neta mulai memperkenalkan seri mobil listrik perdananya di Indonesia, Neta V, pada paruh kedua tahun lalu. Mobil di segmen crossover itu diperkenalkan dengan lima warna berbeda dan memiliki kemampuan jarak tempuh hingga 401 km untuk sekali pengisian daya penuh.

Saat diperkenalkan Oktober lalu, mobil tersebut ditawarkan dengan harga Rp379 juta. Namun, perusahaan itu baru-baru ini mengumumkan diskon harga menjadi Rp317 juta untuk harga on the road (OTR) di Jabodetabek selama Maret 2024.(ant)

(Untung Prasetyo)
KEYWORD :

Neta Mobil Listrik Handal Indonesia Motor