Waspadai Varian Delta, Korea Utara Kembangkan Alat PCR Sendiri

Senin, 23/08/2021 11:56 WIB

Seoul, Jurnas.com - Korea Utara mengembangkan peralatan reaksi berantai polimerase (PCR) sendiri untuk melakukan tes COVID-19, sebagai upaya untuk mencegah varian Delta yang lebih menular.

Negara yang terisolasi itu belum mengkonfirmasi kasus COVID-19, tetapi sudah menutup perbatasan, membatasi perjalanan dan memberlakukan tindakan pencegahan yang ketat, melihat pandemi sebagai masalah kelangsungan hidup nasional.

Rodong Sinmun, surat kabar Partai Buruh yang berkuasa melaporkan, sebagai bagian dari upaya anti-virus, para ilmuwan dan teknisi di Akademi Ilmu Pengetahuan Negara telah mengembangkan sistem PCR yang memenuhi standar global untuk pertama kalinya.

Peralatan itu diperkenalkan sebagai salah satu pencapaian baru-baru ini yang dibuat di bawah dorongan pemimpin Kim Jong Un untuk melokalisasi mesin, peralatan dan bahan di tengah sanksi internasional dan penutupan perbatasan yang secara tajam mengurangi perdagangan.

Korea Utara telah menjalankan tes PCR sebagai metode diagnostik standar COVID-19 yang diakui secara internasional, tetapi menerima bantuan dari luar termasuk dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Kantor berita resmi KCNA juga mengatakan pada Senin (23/8), Korea Utara meningkatkan pertempurannya melawan virus untuk menangkal varian Delta dan Lambda yang sangat menular yang menyebar di seluruh dunia.

"Rencana sedang dilakukan untuk menormalkan desinfeksi dan mencegah pergerakan orang dan persediaan yang tidak teratur di kantor dan tempat kerja, sementara pendidikan dan kontrol sedang diintensifkan untuk memastikan semua orang mematuhi aturan termasuk mengenakan masker di ruang publik," kata KCNA. (Reuters)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2