Nadiem Lepas Penerima Beasiswa IISMA ke 28 Negara

Selasa, 10/08/2021 15:58 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melepas secara resmi 970 mahasiswa penerima beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Mahasiswa yang berasal dari 98 perguruan tinggi itu akan menjalani program pertukaran pelajar di 59 kampus kelas dunia di 28 negara, selama satu semester ke depan.

"Saya ucapkan selama kepada 970 mahasiswa dari 98 perguruan tinggi Indonesia, yang telah lolos seleksi program International Student Mobility Awards," kata Nadiem secara virtual pada Senin (9/8).

Sejak dibuka untuk pertama kali, IISMA 2021 menarik 2.551 pendaftar dari berbagai perguruan tinggi. "Ini bukti bahwa meskipun kita sedang hidup di masa yang penuh keterbatasan, sesungguhnya kesempatan itu ada," jelas Mendikbudristek.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Nizam, menyebut peran mahasiswa penerima beasiswa tidak sebatas menuntut ilmu, melainkan juga membangun persahabatan di berbagai negara.

Karena itu, Nizam mengimbau para penerima beasiswa untuk menggambarkan keramahtamahan masyarakat Indonesia, serta kekayaaan budaya dan kuliner Indonesia.

"Kenalkan juga pariwisata Indonesia, keindahan alamnya. Ceritakan tentang gunung, danau, laut dan sungainya, hijaunya kepulauan, dan kehangatan persahabatan bangsa Indonesia," ujar Nizam.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih