Kapal Induk AS Kawal Tanker Israel Korban Serangan Drone

Sabtu, 31/07/2021 20:32 WIB

Dubai, Jurnas.com - Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengawal kapal tanker minyak yang dikelola Israel di lepas pantai Oman, usai menjadi korban serangan pesawat tanpa awak (drone).

Dikutip dari Reuters pada Sabtu (31/7), kapal Jepang berbendera Liberia, Mercer Street, dikawal oleh kapal induk USS Ronald Reagan.

"Para ahli bahan peledak Angkatan Laut AS berada di atas kapal untuk memastikan tidak ada bahaya tambahan bagi kru, dan siap untuk mendukung penyelidikan atas serangan itu," kata Komando Pusat Angkatan Laut AS, yang mengawasi operasi militer Amerika di Timur Tengah dan Asia Tengah.

"Indikasi awal jelas menunjukkan serangan gaya UAV (drone)," tambahnya.

Menteri Luar Negeri Israel menyalahkan Iran atas serangan itu, yang menewaskan dua awak yang masing-masing berkebangsaan Inggris dan Rumania.

Iran diduga tersangka utama atas insiden tersebut, namun sejumlah pihak masih terus mencari bukti konklusif.

Al Alam TV, jaringan televisi berbahasa Arab pemerintah Iran, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan serangan terhadap kapal itu terjadi sebagai tanggapan atas serangan Israel yang dicurigai dan tidak ditentukan di bandara Dabaa di Suriah.

Tidak ada reaksi resmi langsung dari Iran terhadap tuduhan bahwa mereka mungkin bertanggung jawab.

Kapal tersebut dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel. Perusahaan mengatakan bahwa kapal itu berlayar di bawah kendali awaknya, dan memiliki kekuatan sendiri ke lokasi yang aman dengan pengawalan angkatan laut AS.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih