Presiden LSM LIRA Jusuf Rizal: Olies Datau Diberhentikan Sejak April 2016

Sabtu, 24/07/2021 17:45 WIB

Jakarta, Jurnas.com — Setelah dibentuk kepengurusan DPW LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Bengkulu, ada lagi sejumlah pihak mengaku pengurus LSM LIRA Bengkulu yang berbeda.

Terkait hal ini, Presiden dan sekaligus Pendiri LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal memberi penjelasan tentang LSM LIRA yang asli, agar masyarakat, pemerintah, dan semua pihak paham. Tidak salah kaprah. 

Penjelasan pria berdarah Madura-Batak yang juga Ketum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) tersebut disampaikan kepada media melalui saluran whatsapp (WA) di Jakarta terkait dengan adanya pihak yang menyebut mereka adalah LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) namun bukan di bawah LSM LIRA yang didirikan HM. Jusuf Rizal tahun 2005.

Jusuf Rizal yang juga Ketua Presidium Relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin, The President Center menjelaskan, LSM LIRA itu hanya satu yang didirikannya tahun 2005 dari embrio Blora Center (Tim Relawan pemenangan SBY-JK tahun 2004).

“Sejak didirikan LSM LIRA itu hanya satu. Tapi ada orang mendirikan “Ormas Perkumpulan” dengan memalsu tanda tangan Dewan Pendiri membuat Akta Notaris Baru dengan nama, logo yang sama milik LSM LIRA, itu bukan LSM LIRA asli,” tegas pria Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) itu.

Jusuf Rizal menjelaskan kronologis tentang LSM LIRA, karena disebut-sebut ada hasil Munas LIRA yang menyebutkan Olis Datau sebagai Presiden 2015-2020, Jusuf Rizal pun menjelaskan untuk diketahui masyarakat, mitra dan pemerintah.

Berikut ini penjelasan secara kronologis Ketua Dewan Pendiri LSM LIRA sekaligus Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal:

1. Bahwa LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) didirikan 19 Juni tahun 2005 dari embrio Blora Center — Bola Center adalah Tim Relawan SBY-JK pada Pilpres 2004. Di dalamnya ada Sudi Silalahi, Achmad Mubarok, Marsudi Wahyu Kisworo, Mayjen TNI (Purn) Arief Siregar, Hasyim Arief, dll.

2. Bahwa sejak LSM LIRA didirikan telah mengatur “Kewenangan Tertinggi” organisasi ada di “Dewan Pendiri”, bukan di “Musyawarah Nasional (Munas). Munas hanya merekomendasikan dan menyampaikan setiap keputusan kepada Dewan Pendiri untuk Diputuskan dan Ditetapkan.

3. Bahwa Pada Munas II LSM LIRA, Olis Datau telah meminta Rekomendasi kepada Dewan Pendiri untuk maju menjadi Calon Presiden LSM LIRA Periode 2015-2020. Dalam Munas, kemudian atas dukungan Dewan Pendiri dan Presiden LSM LIRA Periode 2010-2015, HM. Jusuf Rizal kemudian Olis Datau terpilih.

4. Bahwa Dewan Pendiri LSM LIRA telah menerima hasil-hasil Keputusan Munas. Maka sesuai konstitusi organisasi LSM LIRA, Dewan Pendiri setelah menerima hasil Munas, sesuai kewenangannya, kemudian menerbitkan Surat Keputusan (SK) terhadap Olis Datau sebagai Presiden LSM LIRA, periode 2015-2020.

5. Bahwa setelah diterbitkan SK sebagai Presiden LSM LIRA, periode 2015-2020, Olis Datau melayangkan surat kepada Dewan Pendiri yang isinya “Tidak Mengakui lagi Keberadaan semua Dewan Pendiri ” — istilah konstitusi dipecat — serta meminta kepada seluruh Dewan Pendiri agar tidak lagi membawa-bawa nama LSM LIRA, karena dia telah terpilih sebagai Presiden LSM LIRA Periode 2015-2020 sesuai Munas.

6. Bahwa sikap Olis Datau menjadi “catatan buruk” bagi Dewan Pendiri. Bagaimana mungkin pihak yang menerbitkan SK Olis Datau sebagai Presiden LSM LIRA Periode 2015-2020 adalah Dewan Pendiri LSM LIRA, kemudian tidak diakui lagi. Ini kan sama dengan anak dilakhirkan, tapi tidak mengakui ibunya.

7. Bahwa apa yang dilakukan Olis Datau itu menurut Dewan Pendiri melanggar konstitusi organisasi LSM LIRA, maka Dewan Pendiri memberi surat teguran berkali-kali. Namun setelah “tidak bisa dibina”, maka Dewan Pendiri memutuskan “memberhentikan” Olis Datau sebagai Presiden LSM LIRA, periode 2015-2020, sejak 1 April 2016 karena melanggar konstitusi, dll.

8. Bahwa kemudian Dewan Pendiri setelah rapat, sesuai kewenangannnya memutuskan menunjuk kembali HM.Jusuf Rizal sebagai Presiden LSM LIRA Periode 2016-2021.

9. Bahwa setelah Olis Datau diberhentikan sebagai Presiden LSM LIRA, maka dia tidak ada lagi kaitannya dengan organisasi LSM LIRA yang kini dipimpin kembali oleh HM. Jusuf Rizal.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?