Doyan Forward Pesan, Jutaan Akun WhatsApp Diblokir

Jum'at, 16/07/2021 17:46 WIB

New York, Jurnas.com - WhatsApp memblokir lebih dari dua juta akun di India, selama periode Mei hingga Juni karena dinyatakan melanggar aturan.

Layanan perpesana itu menyebut 95 persen dari pengguna ini diblokir karena melanggar batas berapa kali pesan dapat diteruskan di India.

Pengajuan dilakukan oleh WhatsApp dalam laporan kepatuhan bulanan pertamanya, di bawah aturan TI baru yang kontroversial di India. India adalah pasar terbesar WhatsApp dengan sekitar 400 juta pengguna.

Layanan perpesanan milik Facebook itu mengatakan, fokus utamanya ialah untuk mencegah akun di India mengirim pesan berbahaya atau tidak diinginkan, dalam skala besar.

Menggunakan teknologi pembelajaran mesin canggih, WhatsApp melarang hampir delapan juta akun di seluruh dunia setiap bulan.

Sebagaimana diketahui, WhatsApp kali kerap menjadi fokus diskusi tentang penyebaran misinformasi dan berita palsu di India.

Berita palsu dan tipuan seperti itu diteruskan ke puluhan ribu pengguna dalam hitungan jam, dan praktis tidak mungkin untuk melawannya.

Pesan dan video yang beredar secara massal di masa lalu telah memicu kekerasan massa di India, bahkan menyebabkan kematian.

Selain menanggapi keluhan pengguna, WhatsApp mengatakan telah menggunakan alatnya sendiri untuk mencegah penyalahgunaan di platform tersebut.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios