Vaksin COVID-19 Sinovac Kurang Efektif terhadap Varian Gamma

Jum'at, 09/07/2021 09:55 WIB

Paris, Jurnas.com- Vaksin COVID-19 Sinovac, alat utama dalam perang Brasil melawan penyakit itu, kurang efektif terhadap varian Gamma yang pertama kali terdeteksi di negara Amerika Selatan yang dilanda virus, sebuah penelitian mengatakan pada Jumat (9/7).

Para peneliti menemukan bahwa antibodi yang dihasilkan oleh vaksin bekerja kurang baik terhadap varian daripada jenis virus corona sebelumnya, sementara Gamma mungkin juga dapat menginfeksi kembali orang yang sebelumnya memiliki virus.

"Kapasitas Gamma untuk menghindari respons sistem kekebalan ini bahkan pada orang yang diimunisasi menunjukkan virus berpotensi dapat beredar pada individu yang divaksinasi - bahkan di daerah dengan tingkat vaksinasi tinggi," kata penulis penelitian dalam siaran pers, seperti disadur dari AFP.

Dalam studi kecil, para peneliti di University of Campinas di Brasil memaparkan baik Gamma dan jenis virus sebelumnya ke antibodi dalam plasma darah dari 53 orang yang divaksinasi dan 21 orang yang sebelumnya telah terinfeksi virus.

Dalam kelompok yang divaksinasi, 18 orang hanya menerima satu dosis CoronaVac - salah satu vaksin utama dalam tanggapan virus corona Brasil - sementara 20 orang baru-baru ini menerima suntikan kedua dan 15 lainnya telah divaksinasi sebagai bagian dari uji klinis Sinovac pada Agustus 2020 .

Mereka menemukan bahwa Gamma mampu lolos dari antibodi hampir semua peserta yang hanya menerima satu dosis, serta mereka yang divaksinasi pada tahun 2020.

Antibodi dari mereka yang baru saja divaksinasi memang efektif, tetapi kurang efektif dibandingkan dengan jenis virus sebelumnya.

Studi yang dipublikasikan di Lancet Microbe, juga menemukan bahwa antibodi yang dihasilkan oleh infeksi sebelumnya harus sembilan kali lebih tinggi untuk mencegah infeksi oleh Gamma daripada mencegah penyakit dari jenis sebelumnya.

Para penulis mengatakan hasil itu berarti orang yang telah selamat dari kasus COVID-19 dapat terinfeksi kembali.

Tetapi mereka mengatakan karena uji klinis menunjukkan bahwa vaksin itu efektif dalam mencegah penyakit parah dan kematian, bisa jadi respon imunnya lebih kompleks.

Setiap Dosis Terhitung

CoronaVac telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk penggunaan darurat pada bulan Juni. Pada saat itu WHO mengatakan obat itu memiliki kemanjuran 51 persen terhadap penyakit simtomatik dan 100 persen terhadap rawat inap.

Tetapi hasil dari uji coba fase 3 CoronaVac di Turki - yang tidak memperhitungkan varian - yang diterbitkan pada hari Jumat di Lancet menemukan dua dosis vaksin memiliki kemanjuran 83,5 persen dalam melindungi terhadap infeksi simtomatik.

Ia juga menemukan vaksin itu 100 persen efektif melawan rawat inap.

Penelitian ini melibatkan 6.559 peserta yang menerima vaksin dan 3.470 yang diberi plasebo. Semua adalah orang dewasa berusia antara 18 dan 59 dan diberi dosis 14 hari terpisah.

Para penulis mengatakan batasan uji coba termasuk bahwa peserta berusia di bawah 60 tahun dan berisiko rendah, menyerukan penelitian lebih lanjut untuk menguji kemanjuran di antara orang dewasa yang lebih tua dan di bawah 18 tahun, serta terhadap varian baru.

"Dunia membutuhkan setiap dosis vaksin yang aman dan efektif untuk melawan SARS-CoV-2," kata mereka.

Kedua makalah tersebut akan dipresentasikan pada Kongres Mikrobiologi Klinis dan Penyakit Menular Eropa tahun ini.

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya