Malaysia Catat Lebih dari 8.800 Kasus COVID-19 Baru

Kamis, 08/07/2021 19:17 WIB

Kuala Lumpur, Jurnas.com - Malaysia melaporkan 8.868 kasus baru COVID-19 pada Kamis (8/7), jumlah infeksi harian tertinggi kedua di negara itu sejak dimulainya pandemi.

Lebih dari setengah dari infeksi baru berada di daerah Lembah Klang dengan 4.152 di Selangor dan 1.133 di ibu kota Kuala Lumpur. 897 kasus lebih lanjut ditemukan di negara bagian tetangga, Negeri Sembilan.

Ada juga rekor 135 kematian baru, menjadikan jumlah kematian nasional menjadi 5.903, kata kementerian kesehatan. Rekor sebelumnya negara itu adalah 126 kematian pada 2 Juni.

Sebanyak 119 kematian yang dilaporkan pada Kamis adalah warga negara Malaysia, kata direktur jenderal kesehatan Noor Hisham Abdullah. "Ada 952 pasien di unit perawatan intensif, dengan 445 pada dukungan pernapasan," tambahnya.

Malaysia sebelumnya melaporkan rekor 9.020 kasus virus corona pada 29 Mei, mendorong langkah-langkah keamanan yang lebih ketat di negara bagian tertentu sebelum penguncian nasional ketiga diberlakukan pada 1 Juni.

Meskipun penguncian diperpanjang, kasus telah berada dalam tren naik minggu ini dengan kasus COVID-19 harian baru tetap di atas angka 6.000 setelah turun ke kisaran 5.000 pada akhir Juni.

Perdana Menteri Muhyiddin Yassin sebelumnya mengatakan bahwa pembatasan tidak akan berkurang sampai kasus harian turun di bawah 4.000.

Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) pada Rabu menarik dukungannya untuk pemerintah Perikatan Nasional yang dipimpin oleh Muhyiddin dan menyerukan pengunduran dirinya.

Dalam jumpa pers online larut malam usai rapat dewan tertinggi UMNO, Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi mengkritik penanganan pemerintah terhadap pandemi COVID-19.

"UMNO mendesak Muhyiddin Yasin untuk mundur dengan hormat agar perdana menteri baru dapat diangkat untuk waktu yang terbatas," katanya.

Dia menambahkan, perdana menteri yang baru hanya akan memfokuskan upaya pada kesejahteraan rakyat selama pandemi, menangani COVID-19 dengan pendekatan inklusif dan memastikan proses vaksinasi dan imunisasi dapat dipercepat.

Banyak orang Malaysia telah terpukul keras oleh penguncian yang diperpanjang, dengan beberapa beralih ke gerakan "bendera putih" ketika mereka mencari bantuan.

Sistem kesehatan negara itu juga terus kewalahan dengan meningkatnya jumlah pasien yang sakit kritis, dengan banyak korban juga meninggal karena COVID-19 sebelum mereka dapat mencari bantuan medis.

Data kementerian kesehatan menunjukkan, ada 670 kasus "dibawa meninggal" dari Januari hingga 2 Juli.  Sementara itu, hingga Kamis, Malaysia telah melaporkan total 808.658 kasus COVID-19, di mana 77.275 di antaranya aktif atau menular. (cna)

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih