KPK Dalami Keterlibatan Azis Syamsuddin dan Fahri Hamzah di Kasus Lobster

Rabu, 16/06/2021 11:46 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi akan mendalami keterlibatan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin dan mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Diketahui, nama keduanya muncul dalam sidang kasus korupsi lobster ini. Hal itu terungkap saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK membacakan pesan Whatsapp antara mantan Menteri KKP Edhy Prabowo dengan sekretaris pribadinya, Safri terkait ekspor benih lobster.

"Fakta sidang perkara ini baik keterangan saksi maupun para terdakwa selanjutnya akan dianalisa tim JPU KPK dalam surat tuntutannya," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (16/6).

Ali Fikri mengatakan analisis diperlukan untuk mendapatkan kesimpulan apakah keterangan saksi tersebut diperkuat dengan alat bukti lain sehingga membentuk fakta hukum untuk dikembangkan lebih lanjut

"Prinsipnya, tentu sejauh jika ada kecukupan setidaknya dua bukti permulaan yang cukup, kami pastikan perkara ini akan dikembangkan dengan menetapkan pihak lain sbg tersangka," ujarnya.

Untuk diketahui, dalam sidang kasus ini yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada Selasa (15/6) malam, jaksa membacakan isi percakapan Edhy dan Safri.

"Ini isinya dengan kata, `Saf, ini orangnya pak Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR mau ikut budi daya lobster. Novel Esda. Saudara jawab, `oke bang.` Apa maksud saudara saksi menjawab oke bang?" tanya jaksa saat membacakan pesan Edhy.

Safri menjelaskan maksud pernyataannya itu sebagai bentuk persetujuan atas perintah yang disampaikan oleh Edhy. Dalam sidang tersebut, majelis hakim sempat menginterupsi. Hakim ingin mengetahui perusahaan yang terafiliasi dengan Azis.

"Apa yang dimaksud Saf ini, Safri, nanti dulu sampai Syamsuddin dulu. Wakil Ketua DPR mau ikutan budi daya lobster. Saksi bisa dijelaskan PT apa yang berkaitan dengan nama itu?" tanya hakim ketua Albertus Usada.

"Saya tidak ingat," jawab Safri.


Sementara itu, percakapan berlanjut mengenai Fahri Hamzah. “Saf, ini tim Pak Fahri Hamzah mau jalan lobster. Langsung hubungi dan undang presentasi,” kata Edhy seperti ditirukan Jaksa.

"Saksi menjawab `okebang`, benar itu?," tanya Jaksa.

"Benar," jawab Safri.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2