AS dan China Bentrok saat Biden Mulai Debutnya di G7

Sabtu, 12/06/2021 08:35 WIB

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) dan China bentrok dalam pembicaraan yang jarang terjadi pada Jumat (11/6) ketika Presiden Joe Biden melakukan debut internasionalnya di KTT Kelompok Tujuh (G7), dengan pemerintahannya menekan Beijing tentang COVID-19, Taiwan, dan hak asasi manusia.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, bergabung dengan Biden pada pertemuan puncak demokrasi industri di Inggris, berbicara melalui telepon dengan pejabat senior China Yang Jiechi - pembicaraan pertama mereka sejak pertemuan langsung yang memanas di Alaska pada bulan Maret.

Ketika Biden menggunakan perjalanan kepresidenannya yang pertama ke luar negeri untuk mengungkap rencana besar-besaran untuk membeli dan mendistribusikan 500 juta dosis vaksin COVID-19 di seluruh dunia, Blinken memperbarui tekanan AS terhadap China atas asal mula pandemi yang telah menewaskan lebih dari 3,7 juta orang.

Blinken menekankan pentingnya kerja sama dan transparansi mengenai asal usul virus, termasuk mengizinkan pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kembali ke China, juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Biden telah memerintahkan intelijen AS untuk melaporkan kembali pada akhir Agustus apakah COVID-19, yang pertama kali terdeteksi pada akhir 2019 di kota Wuhan, muncul dari sumber hewan atau kecelakaan laboratorium.

Mantan presiden Donald Trump menguji teori kebocoran laboratorium tetapi ditolak secara luas, dengan banyak yang percaya dia berusaha untuk menangkis kritik atas penanganannya sendiri terhadap pandemi, tetapi Biden mengatakan ada kebutuhan untuk studi lebih lanjut setelah mengkritik Beijing karena tidak memberi lebih banyak akses ke penyelidikan WHO.

Teori laboratorium telah membuat marah China, yang berusaha mengubah citra dirinya di mata dunia bukan sebagai negara yang gagal menghentikan virus, tetapi sebagai model tentang cara mengatasinya.

Yang, seorang anggota senior Politbiro yang telah lama memimpin penanganan Beijing atas Amerika Serikat, memperbarui kecaman terhadap Washington ketika Biden bertemu dengan para pemimpin dari negara-negara G7 lainnya - Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

"Multilateralisme sejati bukanlah multilateralisme semu yang didasarkan pada kepentingan kalangan kecil," kata Yang kepada Blinken, menurut televisi pemerintah.

"Satu-satunya multilateralisme sejati adalah yang didasarkan pada prinsip-prinsip piagam PBB dan hukum internasional," kata Yang.

Yang juga memperbarui tuduhan kemunafikan AS terhadap hak asasi manusia ketika Blinken menekan apa yang dianggap Amerika Serikat sebagai genosida terhadap orang Uyghur dan sebagian besar Muslim Turki lainnya yang dipenjara di kamp-kamp.

"Amerika Serikat harus menyelesaikan pelanggaran hak asasi manusia domestiknya yang serius, dan tidak menggunakan apa yang disebut masalah hak asasi manusia sebagai alasan untuk mencampuri urusan dalam negeri negara lain secara sewenang-wenang," katanya.

Yang membuat tuduhan serupa tentang Amerika Serikat di depan kamera selama pertemuan di Anchorage, mengejutkan para pejabat AS yang mengharapkan pernyataan sipil singkat tetapi meningkatkan kekuatan bintangnya di dalam China.

Blinken juga menyuarakan peringatan atas meningkatnya tekanan China terhadap Taiwan termasuk penerbangan militer di lepas pantainya.

"Blinken menyeru Beijing untuk menghentikan kampanye tekanannya terhadap Taiwan dan secara damai menyelesaikan masalah lintas-Selat," kata pernyataan Departemen Luar Negeri.

Washington semakin khawatir bahwa China akan berusaha menggunakan kekuatan terhadap Taiwan, negara demokrasi yang berpemerintahan sendiri yang dianggapnya sebagai bagian dari wilayahnya, setelah mengekang kebebasan di Hong Kong.

AS dalam beberapa hari terakhir setuju untuk membuka kembali pembicaraan perdagangan dengan Taiwan dan mengizinkan pesawat militer untuk membawa delegasi senator yang menawarkan vaksin COVID-19.

Di tengah kritik bipartisan yang luas terhadap China, Biden sebagian besar melanjutkan sikap hawkish Trump, secara substansi jika tidak dalam nada.

Pemerintahan Biden telah menggambarkan China sebagai tantangan internasional yang unggul dan berjanji untuk melawannya dengan menopang aliansi dan berinvestasi besar-besaran dalam infrastruktur dan pembangunan di dalam negeri. (AFP)

TERKINI
Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi 50 Musisi Akan Ramaikan Jakarta Street Jazz Festival 2024, Ada Tompi sampai Andien Rusia Serang Jalur Kereta Api Ukraina untuk Ganggu Pasokan Senjata AS Rilis 11 Album, Musik Taylor Swift Dikritik Vokalis Pet Shop Boys Mengecewakan