Lama Tak Terlihat, Jack Ma Akhirnya Muncul Kembali di Depan Publik

Selasa, 11/05/2021 07:13 WIB

Beijing, Jurnas.com - Pendiri Alibaba, Jack Ma, yang lama tidak terlihat oleh publik, melakukan kunjungan langka ke kampus Hangzhou, Senin (10/5), pada acara tahunan staf dan keluarga raksasa e-commerce itu "Ali Day".

Miliarder ini tidak pernah menampakkan diri sejak menyampaikan pidatonya pada Oktober di Shanghai, yang mengkritik regulator keuangan China. Kritikan itu memicu serangkaian peristiwa yang mengarah pada pembatalan IPO Ant Group, afiliasi Alibaba, senilai US$ 37 miliar. 

Disadur dari Reuters, awal pekan ini, Ma terlihat di bus antar-jemput kampus terbuka dengan sejumlah eksekutif Alibaba, menurut foto yang diambil seorang karyawan di acara tersebut.  Mengenakan kaus biru, celana panjang putih, dan sepasang sepatu kain ala China, Ma tersenyum.

"Sangat menyenangkan melihat Jack," kata karyawan itu, menolak disebutkan namanya. "Sayang sekali tidak ada kesempatan untuk berfoto dengannya."

Pengusaha paling terkenal di Tiongkok, Ma menikmati status kultus di antara staf bahkan setelah mengundurkan diri sebagai chairman pada 2019.

Ma, yang berbasis di Hangzhou, menghilang dari pandangan publik selama tiga bulan sebelum muncul pada bulan Januari, berbicara dengan sekelompok guru melalui video, yang membuat saham Alibaba melonjak, tetapi belum muncul di depan umum sejak saat itu.

Bulan lalu, regulator memberlakukan restrukturisasi besar-besaran pada Ant Group, sementara Alibaba didenda dengan rekor denda antitrust sebesar 18,2 miliar yuan (US $ 2,84 miliar) setelah penyelidikan menemukan pihaknya menyalahgunakan dominasi pasarnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2