India Laporkan 2.023 Kematian COVID-19 dalam Sehari

Rabu, 21/04/2021 16:26 WIB

New Delhi, Jurnas.com - Pemerintah India melaporkan lebih dari 2.000 kematian akibat COVID-19 pada Rabu (21/4). Angka itu merupakan jumlah kematian satu hari tertinggi di negara itu sejauh ini.

Kementerian Kesehatan India melaporkan 295.000 infeksi baru dalam 24 jam, setara dengan jumlah yang terlihat di Amerika Serikat pada Januari, dan 2.023 kematian, menjadikan total korban tewas di India menjadi 182.553.

Jumlah kematian harian telah mencapai level tertinggi sebelumnya pada Selasa (20/4), yaitu 1.761 orang meninggal karena virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China itu.

Dalam pidatonya kepada bangsa pada Selasa malam, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bahwa negara berpenduduk 1,3 miliar itu sekali lagi berjuang dalam pertarungan besar.

"Situasi terkendali hingga beberapa minggu yang lalu, dan kemudian gelombang kedua (virus korona) datang seperti badai," kata Modi.

Beberapa minggu terakhir telah menyaksikan pertemuan massal termasuk jutaan orang yang menghadiri festival keagamaan Kumbh Mela, demonstrasi politik serta pernikahan mewah dan pertandingan kriket.

Produksi obat-obatan utama COVID-19 melambat atau bahkan dihentikan di beberapa pabrik dan ada penundaan yang mengundang tawaran untuk pabrik pembangkit oksigen, menurut laporan pers.

Sekarang, kerabat yang putus asa dipaksa membayar harga selangit di pasar gelap untuk obat-obatan dan oksigen dan grup WhatsApp dibanjiri dengan permintaan bantuan yang putus asa.

Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal, yang pada Selasa menjalani isolasi diri setelah istrinya dinyatakan positif, men-tweet bahwa beberapa rumah sakit di kota besar itu hanya memiliki beberapa jam oksigen.

Amerika Serikat (AS) sekarang menyarankan agar tidak bepergian ke India, bahkan bagi mereka yang divaksinasi penuh, sementara Inggris telah menambahkan India ke "daftar merah" -nya. Hong Kong dan Selandia Baru telah melarang penerbangan dari negara tersebut.

Singapura memperketat langkah-langkah perbatasan bagi para pelancong dari India, yang harus melayani tujuh hari tambahan pemberitahuan tinggal di rumah di kediaman mereka setelah pemberitahuan tinggal di rumah 14 hari mereka di fasilitas khusus, kata Kementerian Kesehatan (MOH).

Singapura juga akan mengurangi izin masuk untuk warga negara non-Singapura atau penduduk tetap karena situasi yang memburuk di India dan munculnya varian virus baru.

Penghitungan kasus secara keseluruhan di India sekarang mencapai 15,6 juta, kedua setelah Amerika Serikat, yang telah melaporkan lebih dari 31 juta infeksi. (CNA)

TERKINI
Richie Sambora Harus Berlutut ke Jon Bon Jovi agar Livin` on a Prayer Dimasukkan ke Album Lagi Bucin, Dua Lipa Peluk Mesra Callum Turner di Jalanan Berkarier Sejak Muda, Anne Hathaway Sering Alami Stres Kronis Gara-gara Tuntutan Pelecehan Seksual, Lady Gaga Batalkan Pesta Lajang Adiknya