Presiden Jokowi Ambil Alih TMII, PDIP: Momentum Selamatkan Kekayaan Negara

Rabu, 07/04/2021 16:55 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Jokowi berhasil mengembalikan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan secara sah menjadi milik pemerintah Indonesia, dari sebelumnya yang dikelola oleh Yayasan Harapan Kita.

Hal itu tertuang dalam Perpres Nomor 19 Tahun 2021 tentang Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg,

Atas keberhasilan ini, PDI Perjuangan sangat mengapresiasi dan mengatakan bahwa TMII sebagai etalase kebudayaan dan sekaligus ekspresi peradaban nusantara akhirnya kembali ke pangkuan Pemerintah Indonesia.

"Apa yang dilakukan Presiden Jokowi membuktikan bahwa beliau konsisten di dalam menjalankan amanat reformasi, antara lain menyelamatkan aset-aset negara yang sebelumnya dikuasai oleh Keluarga Mantan Presiden Suharto," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Ia menegaskan, kembalinya Taman Mini Indonesia ini menunjukkan bagaimana Pemerintahan Jokowi melalui perjuangan panjang berhasil menyelamatkan asset strategis negara.

Hal ini melengkapi keberhasilan divestasi Free Port, Blok Minyak Rokan, dan juga berbagai upaya menyelamatkan harta negara yang sebelumnya dilarikan oleh para koruptor di luar negeri.

"PDI Perjuangan memberikan apresiasi tinggi, dan menunjukkan bagaimana pemerintahan dengan legitimasi kuat mampu menunjukkan kedaulatan politik dan ekonominya di dalam menyelamatkan aset negara," ungkapnya.

Dengan keberhasilan pengambilalihan TMII itu, lanjut Hasto, maka selain menjadi pusat kebudayaan, juga akan menjadi paru-paru Jakarta, bersamaan dengan Gelora Bung Karno, kompleks TNI  di Halim Perdana Kusuma, serta Lapangan Golf Kemayoran yang akan dibuka menjadi hutan kota dan ruang publik hijau tempat masyarakat melakukan berbagai aktivitasnya.

"Kembalinya Taman Mini Indonesia menjadi momentum menyelamatkan harta kekayaan negara," tuntas Hasto.

TERKINI
Aktor Rio Reifan Ditangkap Kelima Kalinya di Kasus Narkoba CERI Laporkan Aspidum Kejati Jawa Timur ke Jaksa Agung Atas Dugaan Ini Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa