Yandri Susanto Terseret Korupsi Bansos, Citra PAN Memburuk

Senin, 05/04/2021 22:11 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Dugaan keterlibatan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto dalam skandal korupsi Bantuan Sosial (Bansos) di Kementerian Sosial (Kemensos) yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memperburuk citra partainya di mata publik.

“Ini sekarang masih terperiksa, terperiksa saja sudah punya dampak,” kata peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karus saat dikontak, Senin malam (5/4).

Yandri sudah menjalani pemeriksaan oleh tim dari KPK, pekan lalu. Dalam salinan dokumen, Yandri disebut-sebut menerima jatah pengadaan paket bahan pokok sebanyak empat kali dengan jumlah 100 ribu paket melalui PT Total Abadi Solusindo.

Lucius menegaskan, publik akan mudah mengaitkan Yandri dengan perkara kasus yang diduga merugikan negara triliunan rupiah tersebut. 

“Mudah bagi publik untuk mengkaitkan dugaan keterlibatan dia (Yandri) dalam kasus ini. Apalagi jika jadi ditetapkan tersangka, pasti akan berdampak untuk PAN. Apalagi PAN ini belum jelas posisinya sebagai oposisi atau koalisi,” terangnya.

Terlepas dari itu, Lucius meminta PAN memberikan kesempatan kepada KPK untuk mengusut tuntas dugaan keterlibatan Yandri. Partai yang dikomandoi oleh Zulkifli Hasan itu tidak boleh mengintervensi kinerja para penyidik di lembaga antirasuah.

“Jadi dukungan dari parpol untuk memastikan posisi Yandri itu terlibat atau tidak saya kira penting dengan memberikan kesempatan ke KPK untuk mengungkap apa yang terjadi,” tandasnya.

 

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?