Tingkatkan Pembinaan P4S, Kementan Beri Bantuan Sarana Prasarana Pelatihan

Jum'at, 02/04/2021 06:37 WIB

Jambi, Jurnas.com - Kementan fokus dalam peningkatan kapasitas SDM Pertanian, salah satunya pengembangan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S). Mewujudkan hal tersebut dilakukan melalui upaya memberikan bantuan sarana dan prasarana pelatihan.

Bantuan yang diberikan diharapkan dapat mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementan. “Dengan SDM pertanian yang berkualitas, kita akan meningkatkan produktivitas pertanian,” tegas Mentan Syahrul.

Kepala Badan PPSDMP, Prof. Dedi Nursyamsi juga menambahkan bahwa pertanian tidak berhenti walaupun ditengah serangan covid- 19, memberikan spirit tersendiri bagi petani.

“Petani, P4S dan Penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol pencegahan covid- 19  baik dilapangan maupun dimanapun berada,” Jelas Dedi.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi sebagai pembina dari P4S diwilayah Kerjanya terus melakukan pembinaan di beberapa P4S sebagai langkah untuk menumbuh kembangkan kelembagaan P4S. Pembinaan ini berupa pengembangan untuk pelatihan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan dan peningkatan kapasitas P4S.

Selain pengembangan pelatihan juga diberikan bantuan berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S. Bantuan sarana prasarana ini diberikan kepada P4S yang telah memenuhi persyaratan dan indikator dari instrumen yang dilaksanakan oleh Bapeltan Jambi.

Penyerahan Sarana Prasarana dilakukan di P4S Lentera Kehidupan dan dihadiri oleh Kepala  Balai Bapeltan Jambi, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kab. Tanjung Jabung Barat, Ketua P4S Lentera Kehidupan, Pimpinan PT. Wira Karya Sakti.,Unsur Kecamatan,Kepala Desa Dataran Kempas, kec. Tebing tinggi, kab Tanjung Jabung Barat dan Koordinator BPP Kec. Tebing Tinggi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyatakan terimakasih atas bantuan sarana prasarana untuk P4S Lentera Kehidupan oleh Bapeltan Jambi.

Ditambahkan bahwa hendaknya P4S Lentera Kehidupan untuk fokus pada kegiatan dan melatih SDM Milenial atas penguasaan teknologi pertanian.

Bantuan yang diberikan berupa Mesin chopper, gerobak sorong 3 unit, sekop 3 unit dan garukan 3 unit. Produk unggulan P4S  Lentera Kehidupan ini berupa kompos, kopi mekar wangi, tepung jagung kraton, madu buana dan Pupuk organik.

Pada kesempatan itu, Kepala Balai  Pelatihan Jambi, Zahron Helmy, menegaskan Kementan terus melakukan sinergi antara pemerintah daerah, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi petani, menghasilkan  produk unggulan berbasis agroedu wisata, sehingga menghasilkan produk unggulan yang organik, berkesinambungan.

Selain itu juga melakukan identifikasi P4S yg dipandang cakap dlm penumbuhan petani milenial, mendata dan membina petani milenial, menghasilkan produk unggulan spesifik lokal.

Zahron menambahkan, P4S harus dapat  mengembangkan pemasaran untuk kontuinitas produk.

Bantuan sarana dan prasarana yang di berikan dapat mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2