AHY di Webinar IMDI: Transportasi Udara Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Rabu, 24/02/2021 17:35 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Keberadaan moda transportasi udara paling mempuni meningkatkan pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia secara cepat.

Bukan tanpa alasan, menurut Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hal itu disebabkan moda transportasi udara mampu memangkas waktu dengan sangat signifikan.

"Masyarakat membutuhkan moda transportasi paling cepat dan juga aman, artinya moda transportasi udara masih menjadi pilihan. Bahkan, menjadi backbone bagi tumbuhnya perekonomian di negeri kita," jelasnya dalam sambutan melalui virtual di acara Webinar `Keselamatan Transportasi Udara` di Jakarta, Rabu (24/2).

Pertumbuhan ekonomi, masih kata AHY, sangat ditentukan dengan seberapa cepat terjadinya lalu lintas manusia atau pun barang dan jasa di Indonesia.

AHY lantas menyoroti kecelakaan pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak yang terjadi di awal Januari 2021, kemarin. 

"Kegiatan ini bukan untuk mencari siapa yang salah, atau mencari kambing hitam. Tetapi, untuk mencari solusi maupun rekomendasi agar peristiwa kecelakaan pada moda transportasi udara tidak berulang kembali," ucap putera sulung Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Sementara itu, Ketua Umum IMDI, Michael Wattimena meminta agar pemerintah untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan moda transportasi udara, termasuk juga darat dan laut.

Persoalan transportasi udara adalah masalah serius. Sebab, bilamana musibah terus terjadi dampaknya sangat dahsyat. 

"Pemerintah harus dapat bersikap tegas terhadap maskapai jika terbukti melakukan kelalaian dan berharap peristiwa (kecelakaan) yang terjadi tidak terulang kembali dalam dunia penerbangan Indonesia," sebut mantan pimpinan Komisi V DPR RI itu.

Di sisi lain, pria yang akrab di sapa BMW ini meminta pihak maskapai mengevaluasi dan melakukan pembelajaran dari peristiwa penyebab jatuhnya pesawat dengan mengacu hasil investigasi resmi yang dilakukan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). 

“Pilot dan teknisi penerbangan ke depan dapat memperhatikan kerusakan atau masalah apa saja yang sering menjadi salah satu penyebab jatuhnya pesawat," demikian BMW.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2