WHO Minta Eropa Tak Buru-buru Longgarkan Lockdown

Jum'at, 12/02/2021 08:10 WIB

Copenhagen, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan Eropa agar tidak terburu-buru membuka kembali penguncian meskipun ada penurunan kasus COVID-19 baru.

Program vaksinasi COVID-19 massal sedang digenjot di banyak negara dalam perlombaan melawan varian yang lebih menular, dan pemerintah mendesak masyarakat untuk terus mengatasi penutupan saat kampanye inokulasi terus berlanjut.

Meksi beberapa kasus baru dan kematian telah turun di beberapa tempat di Eropa, seorang pejabat WHO mengatakan ini bukan waktunya untuk meredakan.

"Penurunan kasus menyembunyikan peningkatan jumlah wabah dan penyebaran komunitas yang melibatkan varian yang memprihatinkan," kata direktur WHO Eropa, Hans Kluge pada Kamis (11/2).

"Pada titik ini, sebagian besar negara Eropa tetap rentan," tambahnya, menunjukkan garis tipis antara harapan akan vaksin dan rasa aman yang palsu.

Lebih dari satu juta kasus terdaftar setiap minggu di 53 negara anggota di kawasan Eropa badan PBB, yang mencakup beberapa di Asia Tengah. Tetapi jumlah kasus yang dilaporkan telah menurun selama empat minggu terakhir dan kematian juga telah menurun selama dua minggu terakhir.

Sementara itu, kematian di seluruh dunia telah meningkat menjadi hampir 2,4 juta. Amerika Serikat (AS) termasuk negara yang paling terpukul, sementara Timur Tengah melampaui 100.000 kematian pada Kamis (11/2).

Dorongan inokulasi AS memasuki fase baru ketika pemerintahan Presiden Joe Biden mengirimkan satu juta dosis ke sekitar 6.500 toko obat dan apotek supermarket di seluruh negeri. Beberapa jaringan mengumumkan mereka akan mulai memberikan suntikan pertama pada hari Jumat.

Jerman pada Kamis (11/2) mengatakan akan melarang perjalanan dari wilayah perbatasan Ceko serta Tyrol Austria karena kekhawatiran atas varian baru.

Ekonomi terbesar di Eropa pada akhir Januari telah melarang sebagian besar pelancong dari negara-negara yang digolongkan sebagai daerah mutasi atau tempat-tempat yang paling terpukul oleh varian yang lebih menular.

Itu telah mengurangi setengah tingkat infeksi hariannya setelah lebih dari dua bulan pengekangan yang menyakitkan.

Tetapi kekhawatiran berkembang bahwa tren positif dapat dikompromikan oleh para pelancong dari daerah perbatasan yang melaporkan tingkat kasus yang tinggi.

Menteri Kesehatan Prancis Olivier Veran memperingatkan tentang "situasi yang mengkhawatirkan" di Moselle, di seberang perbatasan dari Jerman, setelah sejumlah besar varian Afrika Selatan dan Brasil terdeteksi, kemungkinan mengarah pada pembatasan baru.

Federasi Ski Internasional (FIS) mengumumkan bahwa semua Piala Dunia yang tersisa di Norwegia dibatalkan karena pembatasan pemerintah Covid-19 yang baru.

TERKINI
Dasco Pastikan Daftar Kabinet Prabowo-Gibran yang Beredar Tidak Benar Dunia Alami Krisis Guru, Ini Saran PGRI ke Pemerintah Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China