Kopinang Kopi Boyolali Tembus Pasar Eropa

Rabu, 10/02/2021 20:56 WIB

Bogor, Jurnas.com - Indonesia memiliki keaneka ragaman jenis kopi salah satunya Kopinang, kopi unik dengan cita rasa buah nangka yang tajam mengarah asal Ngemplak Kabupaten Boyolali Ja

Cita rasa unik, Kopinang menembus pasar Eropa setelah tampil dalam Pelatihan terpadu lintas sektor yang digelar Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor pada akhir Januari 2021, dengan tajuk Pelatihan Teknis Perdagangan Mendukung Gratieks.

Dalam berbagai kesempatan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menyampaikan gerakan tersebut merupakan gerakan bersama untuk mengoptimalkan potensi pertanian Indonesia dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri serta memenuhi pasar internasional.

"Program ini sebagai gerakan pemersatu kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir," ujarnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan kehadiran para pemangku kebijakan adalah untuk senantiasa berupaya, berikhtiar sekuat tenaga mencapai tujuan pembangunan pertanian, khususnya menggenjot ekspor.

"Tiga kunci keberhasilan ekspor adalah produktivitas, memenuhi kualitas atau kriteria yang diinginkan negara tujuan, dan kontinuitas produk," tegas Dedi.

Peluang terbuka untuk Kopinang melalui kolaborasi antara diaspora Indonesia My Bali Coffee, Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hamburg, KJRI Frankfurt, KBRI Berlin dan Kementerian Pertanian yang pada Februari tahun 2021 ini kembali memperkenalkan kopi dengan cita rasa unik ini

Disisi lain, Atase pertanian di Brussel yang menjadi Narasumber pada pelatihan tersebut, Wahida menuturkan upaya ini sekaligus juga mengenalkan ragam kopi nusantara dan juga menjadi upaya diplomasi ekonomi yang dilakukan perwakilan RI berkaitan dengan  potensi akses pasar untuk komoditas kopi yang dilakukan di Februari ini.

"Hal ini disambut baik Konsul Jenderal RI di Hamburg, menyampaikan kabar gembira bahwa salah satu diaspora Indonesia pemilik My Bali Coffee Sacha Handojo menyenangi cita rasa fruity yang dimiliki kopinang," kata Wahida, Minggu (7/2).

Menurutnya informasi dari Jerman tersebut secara tidak langsung memberikan bukti betapa cita rasa kopi khas Indonesia yang unik dapat diterima di pasar tujuan ekspor utama kopi Indonesia yakni Eropa.

Ia berharap informasi ini dapat menjadi faktor pengungkit bagi stakeholder terkait di Kabupaten Boyolali untuk serius mengembangkan varietas kopi Nangka ini. Wahida mengajak para pelaku dan pemerintah untuk bersinergi memacu potensi pertanian menembus pasar dunia.

Kopi yang sudah lolos  cupping di Perancis ini adalah jenis kopi liberica yang mempunyai kandungan kafein  lebih rendah dibandingkan dengan jenis  robusta dan arabika, sehingga aman dikonsumsi oleh semua usia.

Kopinang sebenarnya berasal dari kopi endemik afrika, tepatnya dari Liberia. Tanaman ini dulu di golongkan dalam kelompok kopi robusta. Akan tetapi pengelompokan paling baru menyatakan kopi aroma nangka sebagai species kopi sendiri dengan nama kopi liberica.

Selain memiliki aroma yang tajam, kopi liberica juga memiliki rasa pahit yang kental. Sehingga oleh para peracik kopi, kerap di pakai sebagai campuran robusta untuk memberikan tambahan aroma kopi.

Terkait pelatihan Teknis Perdagangan Mendukung Gratieks, yang merupakan pelatihan terpadu dan sinergi lintas sektor, Kepala PPMKP Yusral Tahir menyampaikan, secara serius PPKP Ciawi Bogor akan melatih petani dengan komoditas unggulan, pengurus kelompok tani, dan penyuluh dalam pelatihan terpadu yang berkelanjutan. Ia menyebut hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Gratieks.

“Pelatihan terpadu ini memiliki target outcome yang terukur, dan akan dilakukan secara berkesinambungan termasuk di dalamnya pelatihan dan bimbingan teknis di lapangan”, ujar Yusral Tahir.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2