Menristek: Vaksin Merah Putih untuk Kebutuhan Jangka Panjang

Senin, 25/01/2021 22:17 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro menyebut Vaksin Merah Putih tidak hanya untuk pemenuhan jangka pendek.

Sebaliknya, vaksin Covid-19 buatan anak bangsa tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional dalam jangka panjang.

"Pemerintah memang melakukan double track dalam hal penyediaan vaksin Covid-19 ini. Satu sisi melakukan impor atau kerja sama dengan pihak luar seperti yang sudah dilakukan dengan Sinovac dan kemudian disusul oleh lainnya. Tetapi di sisi lain juga mendorong kemandirian vaksin melalui Vaksin Merah Putih," jelas Menristek/Kepala BRIN pada Senin (25/1).

Menristek menambahkan, vaksin Covid-19 yang ada sekarang tidak akan menimbulkan daya tahan tubuh seumur hidup, sehingga ada waktu di mana daya tahan tubuh yang dimunculkan dari vaksin tersebut akan berkurang atau habis.

Oleh karenanya diperlukan vaksinasi kembali di kemudian hari, sehingga keberadaan Vaksin Merah Putih tidak bisa ditawar-tawar lagi.

"Artinya ini adalah suatu kebutuhan dan bukan pelengkap, bahwa sekarang kita belum terlibat pada vaksinasi tahap awal, ini lebih karena sudah ada vaksin yang telah jauh dikembangkan lebih cepat," kata dia.

"Inilah saat yang terbaik juga untuk kita mempelajari dan update kemampuan teknologi dalam pengembangan vaksin di Indonesia. Terutama dalam platform pengembangan vaksin Covid-19, makanya saya mendorong institusi yang terlibat mengembangkan dengan platform yang berbeda," sambung dia.

Menurut Menteri Bambang, dalam jangka pendek memang lebih cepat hanya fokus pada satu platform, namun pemerintah tidak hanya fokus pada vaksin Covid-19 saja mengingat di Indonesia sendiri masih banyak penyakit seperti malaria, demam berdarah, Hepatitis B yang juga terus membutuhkan vaksin.

"Kita juga harus berpikir ke depan, kita tidak pernah tahu pandemi jenis apa lagi yang akan datang mengganggu kehidupan manusia. Sudah saatnya kita lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan pandemi di masa depan yang belum bisa dibayangkan seperti apa, momentum kemandirian vaksin harus dimanfaatkan sebaik-baiknya," terang Menteri Bambang.

Ketua Tim Pengembang Vaksin Merah Putih UI Budiman Bela memaparkan, saat ini UI mengembangkan penelitian terkait empat platform vaksin, yaitu Deoxyribo Nucleic Acid (DNA), Ribonukleat Acid (RNA), Sub unit Rekombinan, Viral Like Particles (VLP).

Berbagai jenis platform ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, serta banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih suatu platform vaksin, yaitu tingkat perlindungan, tingkat efektifitas, keamanan, serta tingka kemudahan proses produksi (manufaktur) dan distribusinya.

"Sampai saat ini, Vaksin DNA yang UI kembangkan sudah pada tahap uji coba pada hewan, dan sebentar lagi akan masuk tahap stabilitas dan efisiensi produksi. Diharapkan setelah itu, vaksin DNA ini bisa segera memasuki tahap uji pre-klinik, sedangkan platform vaksin yang lain masih pada tahap perancangan dan konstruksi," terang Budiman Bela.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2