Vaksin COVID-19 Besutan Sinopharm Diizinkan untuk Masyarakat Umum

Kamis, 31/12/2020 19:58 WIB

Beijing, Jurnas.com  - China menyetujui vaksin virus corona (COVID-19) pertama untuk penggunaan publik umum pada Kamis (31/12). Vaksin tersebut adalah racikan Sinopharm.

Dilansir dari Reuters, saat pengumuman persetujuan penggunaan vaksin tersebut untuk masyarakat umum, belum ada data kemanjuran rinci dari vaksin yang dikembangkan perusahaan yang berkantor pusat di Beijing.

Tetapi, Beijing Biological Products Institute, sebuah unit anak perusahaan Sinopharm China National Biotec Group (CNBG), mengatakan pada Rabu (30/12), vaksinnya 79,34 persen efektif mencegah COVID-19 berdasarkan data sementara.

Persetujuan yang diumumkan oleh Administrasi Produk Medis Nasional, datang setelah Uni Emirat Arab bulan ini menjadi negara pertama yang meluncurkan vaksin ke publik, dan saat Pakistan mengumumkan kesepakatan pembelian 1,2 juta dosis dengan Sinopharm.

Meskipun Negeri Tirai Bambu itu terhitung lambat daripada beberapa negara lain dalam menyetujui vaksin COVID-19, China telah menginokulasi beberapa warga selama berbulan-bulan dengan tiga suntikan berbeda masih menjalani uji coba tahap akhir.

China meluncurkan program penggunaan darurat pada Juli yang ditujukan untuk pekerja penting dan orang lain yang berisiko tinggi terinfeksi, dan telah memberikan lebih dari 4,5 juta dosis pada 15 Desember menggunakan setidaknya tiga produk berbeda, dua dikembangkan oleh CNBG dan satu oleh Sinovac Biotech.

Sementara kemanjuran suntikan Sinopharm lebih dari 90 persen tingkat keberhasilan vaksin saingan dari Pfizer dan mitranya BioNTech dan Moderna, ini menunjukkan kemajuan yang telah dibuat China dalam perlombaan global untuk mengembangkan vaksin COVID-19 yang berhasil.

China memiliki setidaknya lima vaksin, yang dikembangkan oleh Sinovac, unit CNBG, CanSino Biologics, dan Akademi Ilmu Pengetahuan China, dalam uji coba tahap akhir, menggarisbawahi upayanya untuk mengembangkan vaksin buatan sendiri untuk menantang saingan Barat.

Presiden China, Xi Jinping berjanji untuk menjadikan vaksin China sebagai barang publik global dan telah memenangkan beberapa kesepakatan pasokan besar dengan negara-negara termasuk Indonesia dan Brasil, masing-masing negara terpadat di Asia Tenggara dan Amerika Latin.

 

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2