Polri Siap Amankan Demo Ormas Islam

Jum'at, 14/10/2016 10:18 WIB

Jakarta - Rencananya, Jum`at (14/10) siang nanti akan digelar unjuk rasa berbagai elemen organisasi kemasyarakatan (ormas), yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas kasus penistaan agama. Elemen berbagai ormas tersebut akan berkumpul di Masjid Istiqlal lantas berjalan kaki menuju Bareskrim Mabes Polri - Balaikota DKI Jakarta kemudian ke Bundaran Patung Kuda.

Mengantisipasi gelar demonstrasi tersebut, polisi telah mengerahkan 2.800 personel untuk tindakan pengamanan, yang terbagi dalam 28 satuan setingkat kompmi (SSK).

"Kita menyiapkan 28 SSK. Sewaktu-waktu bisa ditambah sesuai kekuatan massa apabila di luar dugaan dan sewaktu-waktu bisa berubah," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Awi Setiyono, kepada awak media Jumat (14/10) pagi.

Demonstrasi yang diperkirakan akan diikuti sekitar limaribu orang lebih ini dihimbau oleh Kabid Humas untuk etap menaati peraturan saat menyampaikan aspirasinya. Apaarat kepolisian, tegas Awi, siap mengamankan dan mengawal rencana aksi unjuk rasa tersebut.

"Kami berharap aturan dan koridor yang sudah jelas dan sama sama ditaati. Kalaupun demo sampai lebih pukul 18.00 WIB, semua bisa dibicarakan. Kalau tidak cukup, besok atau lusa bisa dilakukan lagi. Demokrasi kan bisa dibicarakan," jelas Awi.

Terkait aksi unjuk rasa tersebut, Awi menjelaskan untuk pengalihan alur lalu lintas tergantung kondisi lapangan dan hal itu bersifat situasional. Awi meminta ormas untuk tetap tertib, karena dikhawatirkan muncul pihak ketiga yang menyalahgunakan momentum tersebut.[]

TERKINI
Genjot Penjualan di China, Toyota Gandeng Tencent Toyota Kenalkan Dua Varian Mobil Listrik untuk Pasar China Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore