Pemerintah Beli 3 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Senin, 07/12/2020 15:05 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah rogoh anggaran sebesar Rp637,3 miliar pada 2020 untuk pengadaan 3 juta dosis vaksin dari Sinovac dan 100 ribu dosis vaksin dari Cansino.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah melalui APBN juga mendukung pengadaan alat penunjang vaksinasi seperti jarum suntik, alkohol swab, kotak pengaman (safety box) senilai Rp277,45 miliar.

Dia menambahkan karena vaksin harus disimpan di tempat pendingin, pemerintah juga menyediakan pendingin vaksin 249 unit, kotak pendingin 249 unit, alat pemantau suhu vaksin 249 unit, pembawa vaksin 498 unit, dan juga APD.

“Semua ini menggunakan anggaran APBN yang dibelanjakan sebesar Rp190 miliar,” jelas Menteri Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin.

Dia mengatakan persiapan dan pelatihan vaksinasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan untuk 3 juta dosis vaksin menggunakan biaya operasional yang sudah dialokasikan untuk kementerian tersebut.

Kemudian untuk jejaring layanan vaksinasi pemerintah mengalokasikan anggaran yang ada di Kementerian Kesehatan dan juga transfer ke daerah karena menyangkut seluruh jaringan kesehatan di 10.134 puskesmas, 2.877 rumah sakit, serta 49 kantor kesehatan pelabuhan.

“Semuanya dipersiapkan termasuk untuk pembangunan sistem informasi yang sedang dibangun oleh KPC-PEN dan Telkom untuk tracing siapa yang sudah dapat vaksinasi,” ungkap Menteri Sri Mulyani.(Anadolu Agency)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2