Korea Utara Umumkan Kasus Pertama Virus Corona

Senin, 27/07/2020 09:44 WIB

Seoul, Jurnas.com - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengumumkan keadaan darurat dan penutupan di kota perbatasan, Kaesong setelah seseorang yang dicurigai terinfeksi virus corona baru kembali dari Korea Selatan.

Jika seorang tersebut benar terinfeksi COVID-19, maka itu akan menjadi kasus pertama yang secara resmi diakui oleh pemerintah Korea Utara.

Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) mengatakan, Kim Jong un mengadakan pertemuan politbiro darurat sebagai tanggapan atas situasi kritis di mana virus ganas dapat dikatakan telah memasuki negara tersebut.

KCNA menambahkan, kasus orang yang dicurigai itu adalah seseorang yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu kembali melintasi perbatasan berbenteng yang membagi kedua Korea ke kota Kaesong bulan ini dengan gejala COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus.

"Sebuah peristiwa darurat terjadi di Kota Kaesong di mana seorang pelarian yang pergi ke selatan tiga tahun lalu, seseorang yang diduga telah terinfeksi virus ganas kembali pada 19 Juli setelah secara ilegal melewati garis demarkasi," kata KCNA.

KCNA mengatakan beberapa pemeriksaan kesehatan dari sekresi organ pernapasan dan darah menunjukkan orang itu terinfeksi virus corona. Pemerintah pun mengkarantina orang tersebut dan menyelidiki orang lain yang berintraksi dengan orang tersebut.

Seorang analis mengatakan pengumuman itu penting, tidak hanya karena Korea Utara untuk pertama kalinya melaporkan dugaan kasus virus corona, tetapi juga karena menyarankan agar meminta bantuan.

"Ini adalah momen yang luar biasa bagi Korea Utara untuk mengakui suatu kasus," kata seorang profesor di Universitas Kyung Hee, Choo Jae-woo. "Itu bisa menjangkau dunia untuk bantuan. Mungkin untuk bantuan kemanusiaan. "

Korea Utara berada di bawah tekanan ekonomi karena sanksi internasional atas program nuklirnya.

Seorang rekan senior di Institut Unifikasi Nasional Korea di Seoul, Cho Han-bum, mengatakan penting bahwa Korea Utara melaporkan dugaan kasus virus korona pertama kali diimpor.

"Korea Utara berada dalam situasi yang mengerikan, di mana mereka bahkan tidak dapat menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Umum Pyongyang tepat waktu. Menuding kesalahan pada `kasus impor` dari Korea Selatan, Korea Utara dapat menggunakan ini sebagai cara untuk secara terbuka menerima bantuan dari Korea Selatan," kata Cho.

KCNA tidak merinci bagaimana pembelot yang tidak dikenal tersebut berhasil melintasi salah satu perbatasan paling dijaga dunia tetapi mengatakan insiden itu sedang diselidiki dan unit militer yang bertanggung jawab akan menghadapi "hukuman berat".

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan ada "peluang besar" bahwa seseorang memang telah menyeberang dan militer sedang memeriksa rekaman pengawasan. Bahkan menyarankan mungkin bisa mengidentifikasi orang tersebut.

"Militer kami telah menetapkan beberapa orang dan sedang memverifikasi fakta dalam kerja sama erat dengan agen terkait," kata JCS.

Dilansir dari Reuters, Korea Utara sudah menerima ribuan alat uji virus corona dari Rusia dan negara-negara lain dan memberlakukan penutupan perbatasan yang ketat.

Ribuan orang di Korea Utara juga dikarantina karena mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah wabah virus corona tetapi pembatasan baru-baru ini telah dikurangi.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2