Iran: Negara Tetangga Harus Bergandengan Tangan Usir AS

Rabu, 22/07/2020 16:12 WIB

Teheran, Jurnas.com - Pemerintah Iran yang menyebut ketidakamanan di Timur Tengah ulah kehadiran tidak sah Amerika Serikat (AS) dan tindakan teror, mendesak Irak melakukan upaya kolektif dan membuka jalan bagi penarikan pasukan AS dari wilayah tersebut.

Betemu Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi di Teheran pada Selasa (21/7), Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran (SNSC), Ali Shamkhani menyambut upaya diplomatik Baghdad membangun keamanan regional dan mengurangi ketegangan antara negara tetangga.

Mengacu pada tindakan jahat, teroris dan destabilisasi Washington, Shamkhani menggarisbawahi bahwa kebutuhan yang tak terhindarkan untuk kerja sama antara negara-negara di kawasan itu adalah mempercepat penarikan AS.

Ia mengatakan, solusi definitif untuk membersihkan kawasan yang tidak aman dan terorisme adalah persatuan di antara semua negara kawasan dan tidak ada campur tangan pasukan asing.

"Kebijakan strategis Iran adalah untuk mempertahankan kedaulatan pemerintah Irak dan mengembangkan hubungan habis-habisan dengan negara persaudaraan," tambahnya.

Shamkhani juga mengatakan, langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah Irak untuk memperkuat keamanan perbatasan dan mempercepat implementasi perjanjian bilateral, terutama di bidang ekonomi, akan menguntungkan kepentingan kedua negara.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa Teheran mengharapkan Baghdad untuk secara tegas menanggapi tindakan teroris terhadap Iran yang dilakukan oleh elemen kontra-revolusioner yang beroperasi di wilayah semi-otonomi Kurdistan.

Mengacu pada pembunuhan AS terhadap komandan tertinggi Iran, Letnan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, Shamkhani mengatakan bahwa kedua negara Iran dan Irak menginginkan kasus tersebut diupayakan secara politik dan hukum.

"Kerja sama dan aksi bersama oleh kedua negara dalam hal ini dapat mempercepat proses menindaklanjuti kasus ini dan berfungsi sebagai pencegah terulangnya tindak kejahatan semacam itu," katanya.

Di tempat yang sama, Kadhimi menekankan perlunya mengembangkan hubungan Iran-Irak, terutama di sektor ekonomi dan keamanan.

Ia menghargai dukungan habis-habisan dari pemerintah Iran atas upaya Irak mempertahankan kedaulatan nasionalnya selama perang melawan kelompok teroris Daesh Takfiri, dengan mengatakan bahwa rakyat Irak tidak akan pernah melupakan dukungan Republik Islam.

Pada 2014, ketika Daesh melepaskan kampanye terornya di Irak, penasihat militer Iran (Jenderal Soleimani) membantu Angkatan Bersenjata Irak atas permintaan Baghdad membalikkan keuntungan Daesh dan akhirnya membebaskan seluruh tanah air mereka dari pakaian Takfiri sekitar tiga tahun kemudian.

Menuju delegasi politik-ekonomi tingkat tinggi, Kadhimi melakukan perjalanan ke Teheran pada Selasa (21/7) untuk kunjungan dua hari. Ia bertemu dengan Pemimpin Revolusi Islam Iran, Ayatollah Seyyed Ali Khamenei dan Presiden Iran, Hassan Rouhani. (Press TV)

TERKINI
Gelora Cap PKS sebagai Pengadu Domba: Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Komisi I DPR: Pemerintah Perlu Dialog Multilateral Redam Konflik di Timur Tengah Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025