Pejabat PBB Yakin Pangeran Arab Saudi Dalang Utama Pembunuhan Khashoggi

Senin, 13/07/2020 06:36 WIB

New York, Jurnas.com - Pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS) adalah tersangka utama dalam kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul pada tahun 2018.

Pelapor Khusus PBB untuk Pelapor Khusus tentang Eksekusi di Luar Hukum, Ringkasan atau Sewenang-wenang, Agnes Callamard mengatakan, meskipun tidak memiliki bukti terhadap MBS, tetapi dalam hal memerintah dan menghasut pembunuhan, dia adalah tersangka utama.

"Lihat, saya pikir dia adalah tersangka utama dalam hal menentukan siapa yang memerintahkan atau yang menghasut pembunuhan. Dia ada di dalam gambar. Secara pribadi, saya tidak memiliki bukti yang menunjukkan kepadanya telah memerintahkan kejahatan," kata Callamard kepada Anadolu Agency.

Callamard yang juga seorang ahli Hak Asasi Manusia Perancis mengatakan, bukti tidak langsung menunjukkan bahwa kejahatan seperti itu tidak mungkin terjadi tanpa kontribusi MBS.

"Saya percaya bahwa menurut informasi yang diberikan lebih dari setahun yang lalu, Badan Intelijen Pusat (CIA) mungkin memiliki informasi ini," katanya.

Ia mencatat bahwa persidangan Turki sedang diadakan "in absentia" karena semua orang tahu bahwa Arab Saudi tidak akan membiarkan para terdakwa menghadapi persidangan di Turki.

"Namun demikian, saya pikir ini penting. Saya ingin mencatat bahwa para terdakwa diwakili, bahwa mereka telah ditugaskan sebagai pengacara yang ditugaskan negara," katanya.

Callamard menggambarkan persidangan di Turki lebih adil daripada yang dilakukan di Arab Saudi.

Pengadilan Turki pada 3 Juli memulai persidangan kasus tersebut. Sebanyak 20 warga negara Arab Saudi yang masuk dalam daftar sebagai tersangka dalam pembunuhan Khashoggi 2018.

Sekadar diketahui, Khashoggi dibunuh dan dimutilasi oleh sekelompok orang yang melakukan operasi pembunuhan tak lama setelah memasuki Arab Saudi di Istanbul, Turki.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2