September Inflasi 0,25%, Imbas Kenaikan Harga Cabai Merah

Jum'at, 16/09/2016 16:23 WIB

Jakarta - Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dipantau oleh Bank Indonesia menunjukkan, pekan kedua September 2016 catatkan inflasi sebesar 0,25% (month-to-month).

"Inflasi sampai pekan kedua (September) sebesar 0,25%. Kami melihat bahwa memang ada faktor tekanan di pangan, khususnya cabai merah dan bawang merah," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Namun demikian, kata Agus Marto, harga telur dan daging ayam terus berangsur-angsur mengalami penurunan, sehingga kedua komoditas ini mencatatkan deflasi.

"Untuk telur ayam dan daging ayam mencatatkan deflasi," imbuhnya.

Agus Marto mengatakan, inflasi di pekan kedua September sebesar 0,25% (m-t-m) ini mengalami kenaikan dibandingkan dengan sepekan sebelumnya yang sebesar 0,17%.

"Jadi, inflasi di 0,25 persen itu ada sedikit di atas 3 persen secara year-on-year," ucapnya.

Dengan demikian, jelas dia, besaran inflasi hingga pekan kedua September 2016 masih sejalan dengan sasaran inflasi yang ditetapkan BI di kisaran 4 persen plus minus 1 persen (y-o-y).

"Jadi (inflasi) itu masih sejalan dengan target kami 4 persen plus minus satu persen," kata Agus Marto.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2